Dark/Light Mode

Kerja Sama RI-China Saling Menguntungkan

Airlangga: Semoga Kemitraan Terus Membawa Kemakmuran

Jumat, 22 September 2023 07:10 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Nota Kesepahaman itu men­jadi dasar bagi eksplorasi ber­sama antara perusahaan kedua negara dalam mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), meningkatkan sirkulasi komersial, mengoptimalkan sistem trans­portasi, memperkuat keuangan digital dan memajukan layanan kesehatan digital.

Pemerintah Indonesia, kata Airlangga, tetap berkomitmen membina kemitraan agar terus membuahkan hasil demi keun­tungan bersama.

Airlangga juga menyampaikan apresiasi Pemerintah Indonesia kepada China atas dukungan Beijing terhadap Outlook ASE­AN di Indo-Pasifik. Terutama dalam masa Keketuaan Indone­sia di ASEAN pada 2023 serta dalam upaya bersama mencapai kesejahteraan dan stabilitas di kawasan.

Baca juga : Semoga Bisa Redam Inflasi

Sebelumnya, Menteri Koordi­nator (Menko) Bidang Kemariti­man dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, China merupakan mitra dagang nomor satu bagi Indonesia.

Total ekspor ke China men­capai 50,8 miliar dolar AS pada 2022. Sangat wajar jika Indone­sia membidik pasar China yang memiliki 1,4 miliar penduduk.

“Market-nya besar, 1,4 miliar. Kalau Indonesia dan China digabung, itu akan menjadi 1,7 miliar penduduk. Market yang sangat besar dengan kelas menengah di kita kira-kira ada 65 hingga 70 juta orang,” kata Luhut.

Baca juga : Mega Menjamu OSO Dengan Mie Goreng

Kondisi tersebut membuat hubungan ekonomi Indonesia dan China terus menguat. Luhut pun meyakinkan para pengusaha China mengenai hubungan kedua negara yang terjalin erat.

Ekonom dari Center of Re­form on Economic (CORE) Yusuf Rendy Manilet mengata­kan, kerja sama bilateral antara Indonesia dengan China masih strategis. Hal ini tidak terlepas dari semakin besarnya pereko­nomian China, terutama dalam 10 tahun terakhir ini.

Terlebih, China telah menjadi rantai pasok global dalam banyak sektor. Karenanya, kerja sama itu diharapkan juga dapat menarik Indonesia bergabung dalam ran­tai pasok global.

Baca juga : Pertamina Bantu Desa Pulau Semambu Sulap Pertanian Jadi Lebih Ramah Lingkungan

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 22/9/2023 dengan judul Kerja Sama RI-China Saling Menguntungkan, Airlangga: Semoga Kemitraan Terus Membawa Kemakmuran

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.