Dark/Light Mode

Amartha Salurkan Permodalan Hingga Rp 3 Triliun Untuk Perempuan Pengusaha Ultra Mikro

Selasa, 26 September 2023 19:29 WIB
Andi Taufan Garuda Putra (kiri), Founder  CEO Amartha bersama Riccardo Pulliti, Regional Vice President dari IFC untuk Asia dan Pasifik dalam penandatangan dokumen kerja sama Amartha dengan IFC. (Foto: Istimewa)
Andi Taufan Garuda Putra (kiri), Founder CEO Amartha bersama Riccardo Pulliti, Regional Vice President dari IFC untuk Asia dan Pasifik dalam penandatangan dokumen kerja sama Amartha dengan IFC. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
"Kerja sama ini juga berpotensi memperdalam pasar modal Indonesia yang dapat memacu investasi serupa di masa mendatang," ujar Taufan.

Lebih dari 20.000 UMKM menerima penyaluran modal dari Amartha setiap harinya.

Amartha juga fokus berkontribusi terhadap pemerataan pembangunan ekonomi di luar pulau Jawa, dengan lebih dari 70 persen permodalan disalurkan ke luar Pulau Jawa.

Baca juga : Bukti Perkebunan Bisnis Yang Menjanjikan

Hal ini sejalan dengan tujuan Pemerintah Indonesia untuk mencapai inklusi keuangan digital yang merata di seluruh pelosok Negeri.

Sementara itu, Regional Vice President dari IFC untuk Asia dan Pasifik, Riccardo Puliti menyampaikan, rasa bangga menjadi bagian dari inisiatif yang tidak hanya menyediakan struktur inovatif dan solusi pembiayaan berkelanjutan bagi kelompok underserved di sektor perekonomian, namun juga memperdalam pasar modal Indonesia.

Kesenjangan akses permodalan yang dihadapi oleh perempuan pengusaha ultra mikro di Indonesia yang sangat penting bagi perekonomian secara keseluruhan.

Baca juga : Luhut Ajak Pengusaha Investasi Migas Di RI

"Kerja sama ini merupakan kemenangan bagi perempuan dan kemenangan bagi perekonomian," ujar Riccardo.

Menurutnya, dalam menyediakan layanan keuangan inklusif, Amartha fokus mengembangkan teknologi adaptif dan membangun infrastruktur keuangan digital bagi segmen akar rumput.

Model bisnis Amartha sangat sesuai dengan tujuan Pemerintah dalam mencapai inklusi keuangan digital.

Baca juga : Rugikan Negara Rp 2,1 Triliun, Eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan Ditahan KPK

Taufan menambahkan, Amartha sebagai prosperity platform, telah berkembang menjadi perusahaan yang tidak hanya menyalurkan modal kerja, tetapi juga menjadi pionir dalam membangun ekosistem keuangan digital.

 "Dengan dukungan dari investor berskala internasional seperti IFC, kami optimistis investasi ini dapat memperluas jangkauan layanan keuangan digital Amartha, untuk mendorong ekonomi akar rumput di Indonesia”, lanjut Taufan.

Secara kumulatif, Amartha telah menyalurkan modal sebesar lebih dari 12 triliun rupiah kepada lebih dari 1,7 juta UMKM di Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.