Dark/Light Mode

Jemput Bola Cari Dana, Aksi Gesit KPI Kebut Proyek RDMP Balikpapan

Jumat, 6 Oktober 2023 21:08 WIB
Jemput Bola Cari Dana, Aksi Gesit KPI Kebut Proyek RDMP Balikpapan

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) dan PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB) melakukan aksi gesit, serta pengambilan keputusan yang cepat dalam menyelesaikan project financing di proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan.

Direktur Keuangan KPI Fransetya Hasudungan Hutabarat mengatakan, penyelesaian project financing proyek RDMP Balikpapan melibatkan 4 Export Credit Agency (ECA) dan 22 Commercial Banks.

Kata dia, dalam satu tahun terakhir dari 2022 hingga 2023, KPI dan KPB ‘menjemput bola’ ke seluruh lenders/ECA untuk percepatan penyelesaian project financing.

Baca juga : Cabut Dari Yamaha, Morbidelli Ke Prima Pramac

“Ternyata untuk 5C (Capacity, Capital, Collateral, Conditions, Character) yang sebagai dasar kita untuk mengambil kredit, yang terpenting sebenarnya Character. Bagaimana Character kita bisa diterima oleh para lenders kita, dan mereka percaya dengan kita agar project financing kita bisa berjalan," kata Fransetya dalam ajang “Conference & Awarding Indonesia SWA 100 & Best CFO Forum 2023” yang diselenggarakan oleh SWA di Hotel Shangri-La Jakarta (4/10).

Disebutkan, salah satu tantangan utama dalam pelaksanaan project financing RDMP Balikpapan adalah skema yang digunakan yaitu Trustee Borrowing Scheme (TBS).

Artinya kata dia, pelaksanaan project financing dijalankan tanpa collateral, hanya mengandalkan tolling agreement antara KPI dan KPB.

Baca juga : Pengamat: Ganjar dan Anies Paslon yang Saling Melengkapi

Keterbatasan dana ekuitas yang dapat digunakan untuk progres proyek RDMP Balikpapan juga memberikan waktu yang sangat terbatas untuk penyelesaian project financing.

Bagi Fransetya dan tim, hal-hal tersebut menjadi tantangan yang cukup berat dalam pelaksanaan project financing.

"Tapi tim berhasil menyelesaikan project financing dengan baik. Dan proyek RDMP Balikpapan tetap berprogres tanpa kekurangan dana," katanya.

Baca juga : Sempat Gangguan, Akun Twitter KAI Normal Kembali, Ini Penjelasannya

Fransetya menyebutkan, kunci strategies yang dijalankan dalam pelaksanaan project financing proyek RDMP Balikpapan yaitu melakukan penunjukkan Legal Advisors dan Financial Advisors yang tepat dan kompeten.

"Juga secara agresif dan aktif melakukan offline meeting dengan lenders dan advisors untuk mempercepat penyelesaian project financing. Serta menyediakan shareholder Loan kepada KPB sebagai executor proyek agar progress proyek tetap terus berjalan," paparnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.