Dark/Light Mode

Dapat Suntikan 12 Kapal Penumpang

Semoga Layanan ASDP Di Pelosok Makin Baik

Senin, 9 Oktober 2023 07:20 WIB
Pengamat dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno. (Foto: Antara)
Pengamat dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
“Di antaranya, meningkatkan kontribusi ASDP kepada negara berupa pajak dan dividen, serta mengurangi beban pengeluaran keuangan negara yang bersum­ber dari APBN (Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara) un­tuk biaya pemeliharaan kapal,” ujar Ira di Jakarta, Rabu (27/9).

Sebagai Agen Perubahan, kata dia, perseroan dapat mengop­timalkan BMN untuk mening­katkan pertumbuhan ekonomi tidak hanya di daerah yang dilalui lintasan komersial. Tetapi juga di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar), melalui pelayanan di lintasan keperin­tisan.

Ira mengakui, melihat daerah-daerah tersebut sulit untuk dica­pai oleh moda transportasi lain, maka kehadiran kapal ASDP dapat menjadi sarana masuk utama logistik. Dan mempermu­dah mobilisasi orang dan barang antarpulau.

Baca juga : Hari Batik Nasional, Perancang Agnes Budhisurya Gelar Pameran Di Sarinah

“Dengan begitu, peningkatan akses ini akan mampu mendu­kung pertumbuhan ekonomi yang lebih baik lagi,” yakinnya.

Di samping itu, PMN ini turut memberikan dampak positif untuk ASDP. Seperti adanya penambahan jumlah aset peru­sahaan, memberikan kejelasan status aset. Serta meningkatkan kinerja operasional, serta kinerja keuangan perusahaan.

Ira lalu merinci ke-12 kapal terse­but, yakni KMP Drajat Paciran, KMP Kokonao, KMP Lakaan, KMP Lompa, KMP Membrano Foja, KMP Bamega Jaya. Lalu KMP Ihan Batak, KMP Pora-Pora, KMP Munggiyanggo Hulalo. Serta, KMP Koloray, KMP Opudi, dan KMP Pangkilang.

Baca juga : Syahrul Masih Ghoib

Ia memastikan, BMN yang su­dah dipercayakan kepada ASDP akan dirawat dan dimanfaatkan dengan baik.

“Sehingga misi ASDP untuk mendukung dan berperan aktif dalam pengembangan ekonomi, melalui layanan logistik dan menghubungkan masyarakat, serta pasar dapat lebih optimal,” tukasnya.

Wakil Ketua Komisi XI DPR Fathan juga menyatakan men­dukung pemberian PMN.

Baca juga : Dubes Rosan: Komunikasi Kunci Kerja Sama Keamanan Dan Ekonomi Di Indo-Pasifik

“Komisi XI DPR menyetu­jui pelaksanaan PMN Non-Tunai Tahun Anggaran 2023 kepada ASDP dalam bentuk BMN 12 kapal senilai Rp 388.564.810.000, bertujuan untuk pelayanan masyarakat, meningkatkan struktur permodalan dan kapasitas usaha peru­sahaan,” tutupnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 9/10/2023 dengan judul Dapat Suntikan 12 Kapal Penumpang, Semoga Layanan ASDP Di Pelosok Makin Baik

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.