Dark/Light Mode

Manfaatkan Hyperlocal Tokopedia, Omzet TuTu and Co Melonjak Hingga 2,5 Kali Lipat

Sabtu, 21 Oktober 2023 20:38 WIB
TuTu and Co, perajin aksesoris lokal buatan tangan handmade yang didirikan oleh Wiko Wikarta ini berhasil memperluas pasar. (Foto: Istimewa)
TuTu and Co, perajin aksesoris lokal buatan tangan handmade yang didirikan oleh Wiko Wikarta ini berhasil memperluas pasar. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Wiko menjelaskan alasan pemilihan wilayah tersebut. Bahan baku TuTu and Co dalam hal ini yang berupa manik-manik kaca banyak diambil dari Jawa Tengah karena wilayah tersebut penuh dengan perajin kaca berkualitas.

 “Sedangkan Jawa Barat adalah tempat kelahiran saya, jadi saya merasa ada tanggung jawab untuk memajukan kampung halaman saya,” katanya.

Untuk terus memajukan bisnis dan membantu perajin di Bali agar lebih berdaya, TuTu and Co bergabung dengan Tokopedia pada pertengahan tahun 2019.

“Awalnya saya mendapatkan informasi mengenai bisnis online saat mengikuti acara edukasi UMKM yang diadakan oleh Tokopedia di Bali. Saya pun merasa Tokopedia peduli dengan UMKM pemula, seperti TuTu and Co,” ujar Wiko.

Baca juga : Laris Manis, Produk Olahraga Di Tokopedia Naik 2 Kali Lipat

Dengan bergabung di Tokopedia, TuTu and Co berhasil menjangkau pasar yang lebih luas bahkan sampai ke Aceh.

Untuk meningkatkan penjualan produk, TuTu and Co rutin mengikuti berbagai kampanye, seperti Tokopedia Fashion Week, Waktu Indonesia Belanja (WIB), Cantik Fest, dan Serbu Official Store (SOS).

Kepala Divisi Komunikasi Tokopedia Antonia Adega mengatakan, Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal berupaya membantu pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, memulai dan membangun bisnis dari wilayah mana pun di Indonesia, serta berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

“Hyperlocal Tokopedia membawa dampak ekonomi yang positif. Rerata persentase pertumbuhan ekonomi di kota tanpa Hyperlocal Tokopedia tercatat 1,26 persen, sedangkan di kota dengan Hyperlocal Tokopedia angkanya lebih tinggi, yaitu 2,78 persen,” ungkap Adega.

Baca juga : Makin Diminat, Tokopedia Affiliate Tumbuh 16 Kali Lipat Per Juni 2023

Ia merinci, Hyperlocal Tokopedia mampu mentngkatkan penjualan long john, pakaian adat dan aksesoris di Bali lebih dari 2,5 kali lipat.

“Long john, pakaian adat dan aksesoris menjadi beberapa produk fesyen yang paling banyak dibeli melalui Tokopedia, sepanjang semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 2,5 kali lipat khusus di Bali, dan hampir 3 kali lipat secara nasional,” jelasnya.

Selain membantu pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM untuk memulai dan membangun bisnis, Hyperlocal Tokopedia juga mempermudah masyarakat di seluruh wilayah di Indonesia mengakses lebih banyak pilihan produk kebutuhan dengan lebih cepat dan efisien.

Selama lebih dari 14 tahun berdiri, Tokopedia saat ini sudah terdiri dari lebih dari 14 juta penjual dan hampir 100 persen pelaku UMKM.

Baca juga : Produk Makanan dan Minuman Di Tokopedia Tumbuh 2 Kali Lipat Di Semester I-2023

“Melalui Tokopedia, mereka memasarkan lebih dari 1,8 miliar produk kepada masyarakat di 99 persen kecamatan di Indonesia. Hyperlocal Tokopedia mendorong tumbuh kembang UMKM di Indonesia, termasuk Bali,” tambah Adega.

Hyperlocal Tokopedia mendorong terciptanya tren belanja online masyarakat Indonesia.

Beberapa kategori produk paling laris di Tokopedia selama semester I-2023, antara lain Rumah Tangga, Fesyen, Otomotif, Olahraga dan Hobi, serta Kebutuhan Sehari-hari atau Groceries (seperti Makanan dan Minuman serta Perawatan Tubuh), baik secara nasional maupun khusus di Bali.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.