Dark/Light Mode

Gelar Upacara Adat, Pupuk Kaltim Siap Optimalkan Pabrik Baru Di Fakfak, Papua Barat

Selasa, 7 November 2023 15:08 WIB
Pupul Kaltim saat menggelar upacara tradisional Prosesi Adat sebagai tanda penghargaan kepada Pemerintah Daerah dan komunitas adat, Senin (6/11/2023)
Pupul Kaltim saat menggelar upacara tradisional Prosesi Adat sebagai tanda penghargaan kepada Pemerintah Daerah dan komunitas adat, Senin (6/11/2023)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) tengah mempersiapkan groundbreaking pabrik terbarunya di Fakfak, Papua Barat.

Sebagai salah satu Proyek Strategis Negara (PSN), pabrik baru Pupuk Kaltim tersebut diharapkan akan memainkan peran kunci dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

Sebagai simbolis, pada Senin (6/11/2023) telah digelar upacara tradisional Prosesi Adat sebagai tanda penghargaan kepada Pemerintah Daerah dan komunitas adat.

Baca juga : Raih Best IHYA 2023, Usaha Binaan Pupuk Kaltim Siap Jajal Pasar Global

Hadirnya perwakilan sembilan marga besar di Fakfak ini, menunjukkan komitmen Pupuk Kaltim dalam mendapatkan persetujuan dan dukungan penuh dari masyarakat sesuai dengan hukum adat untuk pembangunan kompleks industri pupuk di Fakfak.

Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo mengatakan, melalui prosesi adat, pihaknya merasa sangat terhormat dengan diterimanya Pupuk Kaltim di Papua Barat khususnya oleh masyarakat adat setempat.

“Kami optimis, ke depannya dengan berjalannya proyek ini, akan ada pemberdayaan ekonomi dan masyarakat, serta terjadinya pemerataan pembangunan khususnya di wilayah Indonesia Timur,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (7/11/2023).

Baca juga : PT Katup Industri Indonesia Resmikan Pabrik Valve Di Cikarang

Terkait dengan pengembangan proyek tentu pihaknya mengharapkan doa dan dukungan dari semua pihak, khususnya dari Pemerintah Daerah, serta Tua Tua Marga Besar setempat yang dihormati.

Soesilo menegaskan, Pemerintah secara konsisten memberikan dukungan dimulainya PSN Pabrik Pupuk Fakfak, Papua Barat dan menyebutkan adanya prioritas pengembangan pertanian modern di wilayah Timur yaitu di Papua.

Hal ini juga didukung oleh didirikannya pabrik pupuk oleh Pupuk Kaltim di Fakfak yang nantinya ditargetkan tidak hanya memenuhi stok dalam negeri dan ekspor.

Baca juga : Pupuk Kaltim Siap Bangun Pabrik Baru Di Fakfak, Papua Barat

Selain menyokong ketahanan pangan nasional, kehadiran pabrik baru Pupuk Kaltim di Fakfak ini nantinya juga diproyeksikan akan memberi kontribusi positif pada pendapatan negara lewat pajak penghasilan perorangan yang diperkirakan akan mencapai Rp 20 miliar per tahun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.