Dark/Light Mode

47 Tahun Salurkan KPR

BTN Bantu 5,6 Juta Rakyat Punya Rumah

Senin, 11 Desember 2023 07:10 WIB
Direktur Consumer Bank Tabungan Negara Hirwandi Gafar (kanan), bersama Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah (tengah) dan Presiden Komisaris Perumahan Mulia Gading Kencana (MGK) Soelaeman Soemawinata (kedua kanan), melihat maket Perumahan MGK dalam acara Peluncuran  Akad Kredit Massal Perumahan MGK di Serang, Banten, Sabtu (9/12). (Foto: Ama/Rakyat Merdeka/RM.id)
Direktur Consumer Bank Tabungan Negara Hirwandi Gafar (kanan), bersama Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah (tengah) dan Presiden Komisaris Perumahan Mulia Gading Kencana (MGK) Soelaeman Soemawinata (kedua kanan), melihat maket Perumahan MGK dalam acara Peluncuran Akad Kredit Massal Perumahan MGK di Serang, Banten, Sabtu (9/12). (Foto: Ama/Rakyat Merdeka/RM.id)

 Sebelumnya 
Capaian Tidak Mudah

Menyoal ini, Direktur Ekse­kutif Segara Research Institute Piter Abdullah Redjalam me­nilai, pencapaian BTN dalam menyalurkan KPR diraih dengan tidak mudah.

Hal ini terkait peran dan mandat Pemerintah kepada BTN sebagai agen perubahan, sekaligus penye­dia rumah untuk seluruh lapisan masyarakat, terutama MBR.

Pasalnya di satu sisi, sebagai perusahaan publik, BTN harus konsisten mencetak pertumbuhan laba dan memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham (shareholders values).

Baca juga : Prabowo Tegaskan Komit pada Ketentuan Pemilu: Suara Rakyat yang Menentukan

“Namun di sisi lain, BTN men­jalankan tugas mulia Pemerintah dalam membantu masyarakat mengakses pembiayaan rumah yang terjangkau,” katanya.

Karena itulah BTN dituntut mampu menyeimbangkan antara menjalankan visi bisnis dan misi sosial secara bersamaan.

Meski tidak mudah, imbuh Piter, tapi mandat tersebut mem­buat bankir BTN akan terlihat berbeda dan layak berbangga.

“Publik akan selalu ingat satu hal, bahwa di balik rumah milik rakyat, selalu ada peran BTN di dalamnya,” puji Piter.

Baca juga : Rumah Zakat Konsisten Salurkan Bantuan Dari RI Untuk Palestina

Terpisah, salah satu pengusaha properti Paulus Totok Lusida melihat, selama ini BTN menjadi mitra kerja dalam pembangunan perumahan dan pemukiman secara berkelanjutan. BTN memi­liki porsi terbesar dalam mem­berikan fasilitas kredit properti.

Bahkan bukan hanya KPR, tetapi juga di kredit konstruksi maupun yang berhubungan dengan industri properti lainnya.

“Apalagi sektor properti kan memiliki multiplier effect terhadap lebih dari 181 industri terkait,” kata Paulus kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Untuk itu, kata Paulus, bang­kitnya sektor properti juga akan dirasakan dampaknya bagi in­dustri lain. Yang pada akhirnya juga akan mendongkrak ekono­mi nasional.

Baca juga : Wapres Saksikan Penyerahan Bantuan MUI Kepada Baznas Untuk Rakyat Palestina

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 11/12/2023 dengan judul 47 Tahun Salurkan KPR, BTN Bantu 5,6 Juta Rakyat Punya Rumah

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.