Dark/Light Mode

Kesalip Anies Di Survei Kompas, Ganjar Santai

Senin, 11 Desember 2023 15:26 WIB
Capres Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Capres Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo menanggapi santai tentang hasil survei Litbang Kompas yang menempatkan dirinya bersama Mahfud MD di posisi paling buncit. Posisi Ganjar-Mahfud disalip pasangan Capres-Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

"Oh tidak apa-apa. Jadi sebenarnya ada survei-survei yang lain. Buat kami itu menjadi pemicu saja, agar kita bisa berpacu lebih bagus lagi," kata Ganjar di Sudirman, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Baca juga : Anies-Ganjar Siapin Debat

Ganjar merasa masih banyak waktu untuk reborn. Karena itu, Ganjar tak berkecil hati dan akan terus bertemu dan menyapa masyarakat di berbagai daerah. 

"Karena waktu masih ada dan konsolidasi sekarang sedang dilakukan. Jadi bukan tidak berkecil hati tugas kita temui rakyat. Langsung kita berkomunikasi dengan mereka," ujar mantan Gubernur Jawa Tengah itu. 

Baca juga : Anies Tak Mau Joget, Prabowo Suka Masak, Ganjar Hibur Petani

Diketahui, hasil survei Litbang Kompas pada Desember 2023 menunjukkan elektabilitas Capres-Cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berada di urutan pertama. Elektabilitas pasangan yang diusung Gerindra, Golkar, PAN dan Demokrat ini mencapai 39,3 persen. 

Di posisi kedua ada pasangan nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dengan 16,7 persen. Kemudian tingkat elektoral pasangan nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tercatat 15,3 persen.

Baca juga : Telan Sikat Gigi Demi Keluarkan Makanan

Posisi Ganjar-Mahfud dalam survei tersebut untuk kali pertama dilewati Anies-Muhaimin. Dalam survei-survei sebelumnya, Ganjar selalu berada di urutan kedua. Survei Litbang Kompas juga mencatat penurunan elektabilitas Ganjar secara signifikan. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.