Dark/Light Mode

Jadi Juara Di Survei LSI Denny JA, Prabowo-Gibran Yakin Satu Putaran

Kamis, 23 November 2023 09:00 WIB
Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Foto: Istimewa
Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Solihin Pure menyambut baik survei terkini Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang memprediksi jagoannya menjadi pemenang Pilpres 2024 dengan elektabilitas tertinggi sebesar 40,3 persen.

Berangkat dari angka survei tersebut, Solihin meyakini pihaknya bisa mendongkraknya menjadi 51 persen suara, sehingga tercapai target memenangkan kontestasi Pilpres satu putaran.

"Dengan hasil survei ini juga menunjukkan arah kemenangan Pak Prabowo dan Mas Gibran menuju satu putaran pun semakin tampak," ujar Solihin, kepada RM.id, kemarin.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Bulan Bintang (PBB) ini bersyukur Prabowo-Gibran selalu moncer di berbagai survei bursa Pilpres 2024.

Menurutnya, ini menjadi indikator bahwa pasangan nomor urut 2 ini berhasil mengambil hati simpati masyarakat, khususnya kaum muda.

Baca juga : Jagoannya Disalip Prabowo-Gibran, Relawan Ganjar-Mahfud Santai

Tren positif ini, menurutnya sangat rasional bagi jagoannya untuk menang satu putaran dengan meningkatkan elektabilitas di sisa waktu dua bulan ini.

"Saya meyakini dalam satu hingga dua bulan ke depan di masa kampanye elektabilitas Prabowo-Gibran akan terus naik melebihi syarat 50+1 untuk kemenangan satu putaran," optimisnya.

Caranya, sebut Pure, dengan mengambil kurang lebih 10,8 persen pemilih yang diprediksi belum menentukan sikap pilihan mereka. Berbagai upaya ini, menurutnya tengah dilakukan skuadnya.

Mulai dari menggiatkan pendekatan terhadap kaum muda, hingga meracik program kerja terbaik. Sontak, Solihin mengajak skuadnya untuk lebih semangat lagi memberikan dukungan terhadap Prabowo-Gibran.

Baginya, kolaborasi parpol di dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM), bersama para relawan berjalan baik. Indikatornya, tren positif di bursa Pilpres 2024.

Baca juga : Akbar Himawan: Hasil Survei Cermin Keinginan Rakyat Dipimpin Prabowo-Gibran

Barisan pendukung Prabowo-Gibran, sebut Solihin, semakin membuktikan diri solid dan kompak dalam mensosialisasikan program-program dan juga hasil kerja nyata Prabowo-Gibran dengan cara-cara yang santun dan terpuji.

"Tidak ada hujat menghujat, tidak menyebarkan kebencian dan hoaks. Pak Prabowo dan Mas Gibran lebih pada pengajak persatuan, persaudaraan, cinta tanah air dan komitmen tinggi untuk melanjutkan seluruh program-program yang telah dicanangkan oleh Pak Presiden Jokowi," tegasnya.

Jika semua itu dilakukan dengan baik dan konsisten, Solihin meyakini, kemenangan Prabowo-Gibran dalam satu putaran adalah sebuah keniscayaan.

"Insya Allah Prabowo-Gibran menang satu putaran,” pungkasnya.

Diketahui, LSI Denny JA merilis survei terkini bursa Pilpres 2024. Hasilnya, duet Prabowo-Gibran meraih elektabilitas tertinggi sebesar 40,3 persen. Di bawahnya, ada Ganjar-Mahfud 28,6 persen, disusul Anies-Muhaimin 20,3 persen. "Ada yang belum tentukan pilihan kruang lebih 10,8 persen," kata pembicara LSI Denny JA, Adjie Al Faraby, saat memaparkan survei, Senin (20/11/2023).

Baca juga : Prabowo-Gibran Unggul di Survei LSI Denny JA, TKN: Kawal Sampai Jadi Kenyataan

Mempertimbangkan data survei, Adjie memprediksi Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran. Hitungannya, hanya pasangan Prabowo-Gibran yang sudah pasti masuk ke putaran kedua. Di posisi kedua, Adjie belum bisa memastikan karena memiliki selisih tipis.

"Dari data ini kita lihat bahwa sisa tiket masih akan diperebutkan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin karena selisih elektabilitasnya hanya di bawah 10 persen atau tidak lebih dari dua digit," pungkasnya.

Diketahui, survei digelar pada 6-13 November 2023 dengan melibatkan 1.200 responden. Para responden dipilih secara acak atau multistage random sampling. Metode survei dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Adapun margin of error survei sebesar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.