Dark/Light Mode

Perputaran Uang Diproyeksi Tembus Rp 80,2 T

Warung Dan Minimarket Kecipratan “Kue” Nataru

Rabu, 13 Desember 2023 07:10 WIB
Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang. (Foto: Antara)
Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Dalam pandangannya, su­paya perputaran uang selama libur Nataru lebih maksimal, masyarakat tidak ragu dan berpikir banyak membelan­jakan uangnya, maka kemen­terian terkait dan Pemerin­tah Daerah (Pemda) perlu melakukan pengawasan. Agar para pengusaha dan pengelola tidak menaikkan tarif dan harga seenaknya.

Kalau perlu, kata dia, dibuat­kan surat imbauan atau aturan batas atas seperti harga hotel, motel, cafe, restoran, transpor­tasi udara, kreta api, rental, pusat wisata dan warung makanan/ minuman agar tidak menaik­kan harga. Sebab, hal itu bisa mengurangi niat masyarakat membelanjakan uangnya.

Kadin Indonesia juga mengim­bau kepada warga yang melaku­kan perjalanan libur Nataru tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, mengingat muncul­nya virus Covid-19 varian baru EG.5 atau Eris di Singapura dan Indonesia.

Baca juga : Masyarakat Kudu Cakap Digital

“Semoga liburan Natal 2023 dan Tahun Baru berjalan lancar, aman, nyaman dan meriah,” harapnya.

Sebelumnya, Menteri Pari­wisata dan Ekonomi kreatif (Menparekraf) Sandiaga Sala­huddin Uno mengatakan, momen libur Nataru harus dimanfaatkan dengan maksimal.

“Ada 107 juta pergerakan saat libur Natal dan Tahun Baru ini, naik 44 persen dibanding tahun lalu. Momen itu harus kita manfaatkan dengan baik,” ujar Sandiaga di Jakarta, Senin (11/12/2023).

Baca juga : SIM Keliling Bekasi Sabtu 22 Juli Hadir Di Kantor Kecamatan Bekasi Barat

Sandiaga menyampaikan, Kementerian Pariwisata telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut libur Nataru. Mulai dari prosedur pengecekan, operasional serta sarana dan prasarana di tempat wisata.

Selain itu, Pemerintah juga telah mengeluarkan surat edaran yang berisi tentang antisipasi perubahan cuaca serta pedoman pariwisata yang menerapkan kebersihan, kese­hatan, keamanan dan berkelan­jutan kepada seluruh pemangku kepentingan dan pengelola destinasi wisata.

Surat edaran tersebut diharap­kan mampu memastikan bahwa liburan Natal dan Tahun Baru dapat berjalan aman, nyaman dan menyenangkan di tempat wisata.  

Baca juga : Pendekatan Lapangan, Solusi Tepat Bagi Target Market StartUp

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 13/12/2023 dengan judul Perputaran Uang Diproyeksi Tembus Rp 80,2 T, Warung Dan Minimarket Kecipratan “Kue” Nataru

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.