Dark/Light Mode

Zulhas Borong Produk UMKM Bazaar PAN X Jakcloth

Minggu, 8 Oktober 2023 14:06 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat pameran UMKM clothing kolaborasi Partai Amanat Nasional PAN dan Jakcloth di Semarang, Sabtu (7/10). Foto: Istimewa
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat pameran UMKM clothing kolaborasi Partai Amanat Nasional PAN dan Jakcloth di Semarang, Sabtu (7/10). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Gelaran pameran UMKM clothing hasil kolaborasi Partai Amanat Nasional (PAN) dan Jakcloth, yang digelar di Semarang, Jawa Tengah, berlangsung meriah.

Sebanyak 60 both clothing lokal dalam pameran tersebut, diborong pengunjung dan juga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Bukan hanya sang ketua umum, para kader PAN yang juga publik figur, memeriahkan acara tersebut. Sebut saja Eko Patrio dan juga Vokalis Ungu, Pasha yang sempat naik panggung dan bernyanyi bersama-sama ribuan pengunjung Jakcloth di Semarang.

Baca juga : Jualan Di TikTok, Produk UMKM Ini Makin Dikenal

Event Manager JackCloth, Perdana Kusuma mengatakan, pertumbuhan UMKM Indonesia menjadi perhatian khusus sebab dianggap mampu menekan angka resesi di Indonesia, terutama tahun 2023 ini.

Berdasarkan data yang di rilis oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UMKM) sepanjang 2022 UMKM di Tanah Air tercatat tumbuh begitu baik, angkanya sudah mencapai 8,71 juta unit.

"Clothing lokal mengambil peran juga dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia dan kita bisa mampu menekan angka inflasi," katanya.

Baca juga : Sunarso: BRI Sangat Produktif, Modal Kuat, Return Oke

Ditambah dengan kerja sama dengan Partai Politik, bisa membantu memberikan subsidi kepada para pelaku UMKM lokal dalam memasarkan produknya. Sebab, PAN memberikan jasa gratis sewa both dalam pameran tersebut.

Hal tersebut juga dibenarkan Zulhas yang hadir dalam kegiatan tersebut. Dia mengatakan, dalam kegiatan ini, PAN ingin mewadahi para UMKM untuk bertemu langsung dengan pembeli.

Karena itu, PAN menyediakan 60 stand clothing dan 30 stand kuliner gratis untuk para UMKM. "Kita hadirkan 60 stand pakaian gratis, dan 30 stand kuliner, gratis," ujar Zulhas, Sabtu (7/10).

Baca juga : Dorong UMKM Produktif, BNI Bazaar Festival Kembali Digelar

Menurutnya, bukan hanya di Semarang, kerjasama PAN dan Jakcloth akan berlanjut ke daerah lain. Sebab, hal ini untuk mengangkat pelaku UMKM lokal di tiap-tiap daerah.

"Ini kerja sama kita PAN dengan Jakcloth untuk membantu UMKM kita, khususnya Jawa Tengah. Nanti kita keliling Jawa Timur, Jawa Barat, Lampung, Makassar dan lain-lain," katanya.

Lalu, Zulhas juga tampak memborong beberapa kaos, sebab dia menilai produk lokal dalam pameran kali ini mayoritas berkualitas baik. "Ini harganya? Ok, saya borong ya," ujar Zulhas pada salah seorang pedagang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.