Dark/Light Mode

TeleCTG Bahas Kesetaraan Gender Dan Kesehatan Preventif Bareng PM Jepang

Minggu, 17 Desember 2023 11:23 WIB
Anggota Dewan Penasihat Kesetaraan Gender GEAC G7, Anda Sapardan, dan co-founder TeleCTG turut serta dalam pertemuan penting di Jepang yang membahas isu kesetaraan gender dan kesehatan ibu dan anak. Foto: Istimewa
Anggota Dewan Penasihat Kesetaraan Gender GEAC G7, Anda Sapardan, dan co-founder TeleCTG turut serta dalam pertemuan penting di Jepang yang membahas isu kesetaraan gender dan kesehatan ibu dan anak. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Prevalensi stunting di Indonesia menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di tahun 2022 mencapai 21,6 persen. Menurut UNICEF, stunting disebabkan ibu yang kekurangan nutrisi saat kehamilan.

Faktor lain adalah anak kekurangan gizi dalam dua tahun pertama usianya, dan sanitasi yang buruk. Untuk mencegah terjadinya stunting pada anak, penting untuk melakukan pemeriksaan secara rutin. Salah satu produk alat pemeriksaan stanting adalah TeleCTG.

"TeleCTG adalah produk medical device untuk proses pemeriksaan stanting yang dibuat oleh anak-anak bangsa milenial di bawah naungan perusahaan starup Kalahyudha yang fokus di kesehatan preventive," kata Co founder TeleCTG Roy Maningkas dalam keterangannya, Minggu (17/12/2023).

TeleCTG, produk unggulan dari Elektra Healthcare di bawah Kalayudha Group Indonesia, sebuah perusahaan Preventive healthcare Innovation Hub.

"Kami berharap produk medikal yang dibuat oleh anak muda bangsa dan apalagi berkualitas dapat digunakan oleh pemerintah untuk menunjang penanganan kesehatan di Indonesia," terangnya.

Baca juga : Satgas Nataru Pertamina Group Pastikan Ketersediaan Energi Aman

Anggota Dewan Penasihat Kesetaraan Gender (GEAC) G7, Anda Sapardan, dan co-founder TeleCTG turut serta dalam pertemuan penting di Jepang yang membahas isu kesetaraan gender dan kesehatan ibu dan anak.

Dalam pertemuan tersebut juga dihadiri Perdana Menteri Jepang, KISHIDA Fumio. Undangan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang ini merupakan agenda utama dari tim penasihat independen G7 GEAC (Gender Equality Advisory Council) yang dipimpin oleh Dr. Sawako Shirahase dari Universitas Tokyo.

"Kami bangga atas penghargaan dari Perdana Menteri Jepang terhadap salah satu co founder kami. Ini artinya kita punya sumber daya manusia yang juga siap mengabdi buat bangsa khususnya bidang kesehatan," terang Roy.

Acara yang secara keseluruhan berlangsung selama 15 menit ini dimulai pukul 16:15 WIB. Anda Sapardan berkesempatan menyampaikan pentingnya kerjasama sektor pemerintah dan swasta atau PPP yang merupakan bagian dari rekomendasi yang disampaikan tim G7 GEAC kepada PM Jepang.

Jepang merupakan presiden untuk G7 tahun 2023 ini. Dalam rangkaian acara terkait GEAC selama 4 hari yang diorganisir oleh kementerian luar negeri Jepang, Ibu Anda mendapatkan beberapa kesempatan penting untuk memberikan penjelasan mengenai kesehatan ibu dan anak sebagai bagian dari masalah terkait kesetaraan yang perlu diselesaikan.

Baca juga : Reuni Akabri, Prabowo Makan, Nyanyi Dan Joget Bareng SBY Di Magelang

Salah satunya dalam forum diskusi bersama Sasakawa Peace Foundation dan juga ketua dari inisiatif PM Kishida - Triple I GH (Impact Investment Initiative for Global Health), Ken Shibusawa.

Kesehatan ibu dan anak merupakan salah satu parameter target GEAC. Hal ini sejalan dengan upaya TeleCTG yang saat ini tengah menjalankan kerjasama dengan JICA Jepang dalam pembangunan Telemedicine D2D.

Proyek ini bertujuan meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah pedesaan dan pulau-pulau di Indonesia. Program dimulai di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, melibatkan Rumah Sakit Universitas Hasanudin, RSUD KH Hayyung, dan beberapa puskesmas di pulau tersebut.

Dalam laporan akhir GEAC, delapan anggota GEAC, yang dipimpin Dr. Shirahase, menyampaikan rekomendasi berjudul "Gender Mainstreaming for an Inclusive, Peaceful, and Just Society".

Mereka menyatakan harapan kuat agar Jepang dan anggota G7 lainnya terus mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan melalui pengarusutamaan gender dengan memanfaatkan empat pilar rekomendasi dalam laporan akhir tersebut.

Baca juga : NIVA Jadi Produk Kesehatan Karya Anak Bangsa Pertama Untuk Jantung

Perdana Menteri Kishida menyambut baik penyerahan laporan akhir ini setelah rangkuman rekomendasi yang diajukan pada Mei 2023. Beliau mengulangi apresiasinya terhadap kontribusi GEAC dalam diskusi G7 untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Lebih lanjut, Perdana Menteri menyatakan keinginannya untuk terus memimpin upaya global mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dan gadis dalam segala keragaman mereka, serta untuk lebih memajukan pengarusutamaan gender.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.