Dark/Light Mode

Jangan Cuma Fokus Angkut Penumpang

Pelni Didorong Makin Geber Bisnis Logistik

Sabtu, 27 Januari 2024 07:20 WIB
Muhammad Awaluddin. (Foto: Antara)
Muhammad Awaluddin. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) meningkatkan kapasitas bisnisnya. Yakni, menggarap sektor Logistik, sehingga tak lagi hanya fokus melayani penumpang.

Apalagi Pemerintah me­miliki program Tol Laut untuk mendistribusikan kebutuhan masyarakat. Khususnya yang ada di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).

Untuk mendukung hal itu, pemegang saham telah menun­juk mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin sebagai Komisaris Utama (Komut) Pelni, pada awal Januari 2024.

Baca juga : Jokowi Makin Gencar Tebar Bansos Pangan

Staf Khusus III Menteri BUMN Bidang Komuni­kasi Publik Arya Sinulingga mengatakan, alasan Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Awaluddin mengisi posisi pun­cak Dewan Komisaris BUMN di sektor transportasi laut tersebut, salah satunya untuk memperkuat transformasi bisnis perusahaan.

Sebab, Pelni ke depan diarahkan tak hanya fokus pada pergerakan penumpang saja. Na­mun juga ikut menggarap bisnis logistik, yang proses distribusinya lewat Tol Laut.

Awaluddin, yang juga mantan bos PT Telkom itu, dipercaya pemegang saham untuk penge­lolaan core business (bisnis inti) Pelni karena memiliki pengala­man dalam mengelola usaha di bidang transportasi udara, terma­suk teknologi.

Baca juga : Kicauan Tsamara Amany Soal Penampilan Gibran Di Debat Jadi Sorotan Netizen

“Sekarang ke transportasi laut, punya nature-nya mirip-mirip antara udara, laut, penumpang dan sebagainya. Kami harapkan, Pak Awal bisa membantu transformasi di Pelni,” ujar Arya, di Jakarta, Senin (22/1/2024).

Ia menilai, bisnis logistik lewat Tol Laut perlu dimaksimalkan lantaran ada potensi pasarnya. Namun sayangnya belum diman­faatkan secara optimal. Sehingga Pelni diminta untuk memanfaat­kan ceruk pasar tersebut.

Saat ini, untuk menunjang bisnis jasa logistik, Pelni memi­liki 26 kapal penumpang, lima kapal barang Tol Laut, satu kapal ternak dan tujuh kapal barang komersial.

Baca juga : Layanan Terus Membaik, Tren Penumpang Bus Meningkat

“Pelni lagi transformasi dan banyak ke arah logistik seka­rang. Sehingga tidak hanya penumpang, (segmen) logistiknya juga kuat,” yakinnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.