Dark/Light Mode

Jangan Cuma Fokus Angkut Penumpang

Pelni Didorong Makin Geber Bisnis Logistik

Sabtu, 27 Januari 2024 07:20 WIB
Muhammad Awaluddin. (Foto: Antara)
Muhammad Awaluddin. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Menurut Sujadi, industri lo­gistik sudah menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi ke depannya.

Sehingga implementasi digi­talisasi menjadi keharusan bagi perusahaan, untuk beradaptasi dan berdaya saing.

Yang pada akhirnya mampu menciptakan konektivitas antara rantai pasokan dan alur distribusi yang lebih efisien, hingga ter­cipta penurunan biaya logistik.

Baca juga : Jokowi Makin Gencar Tebar Bansos Pangan

“Kalau armada ditambah, teknologi diterapkan, punya sistem e-ticket oke, jaringan pelayaran juga luas, saya yakin transformasi di Pelni akan berjalan baik,” tegas Sujadi.

Apalagi mengingat kebutuhan logistik di daerah selalu tinggi. Dan tidak semua kapal mau masuk atau melayani pengiriman logistik hingga ke pelosok.

“Ini peluang yang harus dioptimalkan oleh BUMN, terma­suk Pelni,” jelasnya.

Baca juga : Kicauan Tsamara Amany Soal Penampilan Gibran Di Debat Jadi Sorotan Netizen

Terpisah, Kementerian Per­hubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, telah mengawali kegiatan Tahun Anggaran 2024, dengan pelepasan kapal angkutan tol laut, yakni Kapal Motor (KM) Lo­gistik Nusantara 3 yang diopera­tori PT Pelni, di Dermaga BJTI Pelabuhan Tanjung Perak, Sura­baya, pada Selasa (16/1/2024).

Staf Khusus Menteri Per­hubungan Bidang Hubungan Antar Lembaga, Buyung Lalana mengatakan, KM. Lo­gistik Nusantara 3 ini akan melayani Trayek T-6 untuk wilayah Maluku Utara, dengan rute pelayaran Tanjung Perak-Jailolo-Tidore-Tanjung Perak.

Ia menuturkan, pihaknya terus berupaya meningkatkan pelak­sanaan program Tol Laut, guna mendorong konektivitas dan menekan disparitas harga di wilayah timur Indonesia.

Baca juga : Layanan Terus Membaik, Tren Penumpang Bus Meningkat

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 27/1/2024 dengan judul Jangan Cuma Fokus Angkut Penumpang, Pelni Didorong Makin Geber Bisnis Logistik     

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.