Dark/Light Mode

Banjir Fitur Canggih, Mitsubishi XForce Bukan Compact SUV Kaleng-kaleng

Sabtu, 3 Februari 2024 10:53 WIB
Mitsubishi XForce. (Foto: Ist)
Mitsubishi XForce. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak diluncurkan Agustus tahun lalu di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Mitsubishi XForce langsung menjadi pusat perhatian. Mobil ini sudah dibekali fitur-fitur terkini dan desain sesuai dengan kondisi jalanan Indonesia dan ASEAN.

President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation, Takao Kato mengatakan, perusahaan memastikan mobil ini memenuhi kebutuhan akan performa berkendara, kemudahan handling, interior yang nyaman, kemudahan penggunaan berbagai fitur, dan segalanya yang dituntut dari sebuah compact SUV.

“Kami telah mencurahkan hati dan jiwa ke dalam pengembangan XForce untuk menghadirkan kegembiraan berkendara sehari-hari bagi pelanggan kami,” kata Kato saat itu. 

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Atsushi Kurita optimistis, kehadiran XForce akan memberikan definisi baru pada segmen compact SUV di Indonesia, yang sejalan dengan keinginan konsumen mulai dari sisi futuristic, prestigious, dan comfort, serta ditunjang layanan purnajual.

Salah satu daya tarik XForce adalah keberadaan fitur drive mode atau mode berkendara. XForce adalah satu-satunya compact SUV yang disematkan fitur canggih tersebut di Indonesia.

Baca juga : Dapil NTT II, Para Penantangnya Bukan Kaleng-kaleng

Fitur canggih ini disematkan pada varian ULTIMATE atau tipe tertinggi XForce untuk memberikan sensasi mengemudi yang lebih beragam dan sesuai untuk berbagai kondisi jalan.

Terdapat empat mode berkendara yang bisa diatur pengemudi pada Mitsubishi XForce, yaitu Normal, Wet, Gravel, dan Mud.

Sesuai namanya, Normal untuk medan jalan yang umum, Wet untuk situasi hujan atau basah, Gravel untuk kondisi tanah atau kerikil, dan Mud untuk lumpur. Asyiknya, pilihan mode berkendara tersebut cukup diatur melalui tombol di sebelah tuas transmisi. Pilihan mode berkendaranya akan tampil pada layar di dasbor sehingga memudahkan pengemudi memantaunya.

XForce juga punya fitur Drive Sport atau D-Sport yang berfungsi untuk mendukung performa XForce. Bila pengemudi dirasa perlu memaksimalkan performa agar lebih responsif lagi, pengemudi dapat menekan tombol D Sport yang terdapat di tuas transmisi XForce.

Untuk mengaktifkannya, pengemudi cukup dengan menekan tombol D Sport yang ada di samping tuas transmisi. Ketika tombolm D Sport ini ditekan, otomatis bisa menunda pergantian gigi. Efeknya Mitsubishi XForce bisa bernapas hingga 5.000 rpm dan menambah akselerasinya.

Baca juga : Fitur D Sport Bikin Tarikan Mitsubishi XForce Makin Ngacir

“Jadi, di sini ada otak pintar yang memanipulasi transmisi untuk bereaksi lebih cepat, sehingga dihasilkan tenaga lebih besar saat mengaktifkan D Sport pada XForce,” kata Brand Ambassador Mitsubishi di Indonesia, Rifat Sungkar.

Rakyat Merdeka sudah mencoba semua mode berkendara tersebut saat test drive XForce Desember tahun lalu yang mengambil rute Yogyakarta ke Semarang. Jalanan yang dilalui mulai dari yang lurus-lurus saja, menanjak, batu-batuan sampai basah hujan. Semua jalanan itu di trabas dengan aman oleh XForce. Fitur D Sport-nya sudah sangat membantu saat akan menyalip di tol.

Dalam perjalanan ini, Rakyat Merdeka juga mengeksplor fitur Active Yaw Control (AYC), beberapa fitur keselamatan ADAS seperti Active Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Warning, Rear Cross traffic Alert, Auto Light Control, dan lainnya.

Untuk memanjakan pengemudi dan penumpang, Mitsubishi XForce, juga dibekali dengan fitur Dynamic Sound Yamaha Premium. Kehadiran sistem audio premium ini mampu menghasilkan kualitas suara yang berkualitas tinggi dan jernih serasa menonton konser musik di depan panggung selama melakukan perjalanan.

Dynamic Sound Yamaha Premium XForce memiliki 8 speaker yang tersebar di sekeliling kabin. Panel-panel kabin yang jadi penempatan speaker dan tweeter Dynamic Sound Yamaha Premium diperkuat untuk menghindari getaran. Sound ini juga memiliki Speed Compensated Volume & Equalizer (SCV) sampai dengan lima tingkatan.

Baca juga : Libur Akhir Tahun, Mitsubishi Hadirkan Posko Siaga 24 Jam, Ini Lokasinya

Fitur ini sangat bisa diandalkan karena mampu menyesuaikan volume audio agar suara yang dihasilkan tetap terdengar jernih, meski kecepatan kendaraan bertambah. Kehadiran fitur ini sangat berguna untuk menjaga kualitas suara agar tetap terdengar jelas saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, ada empat opsi mode suara yang dapat dipilih pengemudi sesuai selera. Mode itu, yakni Lively (pop dance), Signature (classic jazz, blues), Powerful (rock, hip hop), serta Relaxing.

Dengan berbagai pilihan mode suara yang tersedia, pengguna dapat menyesuaikan kualitas suara sesuai dengan genre musik yang ingin didengar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.