Dark/Light Mode

Pemerintah Bentuk Satgas Peningkatan Ekspor

Industri Manufaktur Kita Dan Berdaya Saing Mendunia

Sabtu, 17 Februari 2024 07:10 WIB
Menteri Perindustrian (Men­perin) Agus Gumiwang Kartasasmita.
Menteri Perindustrian (Men­perin) Agus Gumiwang Kartasasmita.

 Sebelumnya 
Mengenai kinerja ekspor industri manufaktur nasional, Kemenperin mencatat, ekspor sektor manufaktur menembus 186,98 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau menyumbang 72,24 persen dari total nilai ekspor nasional sebesar 258,82 miliar dolar AS pada 2023.

“Di tengah kondisi dunia yang sedang tidak stabil, industri kita tetap agresif untuk memperluas pasar ekspor. Ini menandakan bahwa produk manufaktur kita telah berdaya saing, sehingga diakui dunia,” ungkap Agus.

Agus juga menegaskan, realisasi ekspor industri manufaktur selama Januari-Desember 2023 tersebut melampaui target yang ditetapkan, yang sebelumnya diproyeksi sekitar 186,40 miliar dolar AS.

“Untuk tahun 2024, kami menargetkan 193,4 miliar dolar AS. Kami optimistis bisa terca­pai,” ungkapnya.

Baca juga : Waspada... Anak Muda Jadi Target Pinjol Ilegal

Kinerja ekspor yang ciamik tersebut berperan besar terhadap pembentukan neraca perdagangan industri manufaktur menjadi surplus sebesar 17,39 miliar dolar AS pada 2023. Ini juga melanjutkan capaian sur­plus pada 2022.

Adapun lima sektor yang men­jadi penyumbang paling besar terhadap capaian nilai ekspor industri manufaktur nasional sepanjang 2023, yakni industri logam dasar sebesar 42 miliar dolar AS.

Disusul industri makanan dan minuman (41,69 miliar do­lar AS), industri barang logam, komputer, barang elektronik, optik, dan peralatan listrik (18,12 miliar dolar AS), industri kimia, farmasi dan obat tradisional (17,30 miliar dolar AS), serta industri alat angkutan (13,12 miliar dolar AS).

Sementara, apabila dilihat dari tahun 2019-2022, terjadi tren peningkatan ekspor industri pengolahan nonmigas nasional.

Baca juga : Putin Lebih Sreg Biden Jadi Presiden Amerika

Pada tahun 2019, ekspor produk manufaktur mencapai 127,38 miliar dolar AS, naik menjadi 131,09 miliar dolar AS di tahun 2020. Kemudian pada tahun 2021, naik lagi menem­bus 177,20 miliar dolar AS, dan melonjak signifikan jadi 206,06 miliar dolar AS di tahun 2022.

Dalam meningkatkan diver­sifikasi produk ekspor, lanjut Agus, Kemenperin terus men­dorong jenis produk ekspor yang dihasilkan dengan kompleksitas tinggi atau bernilai tambah tinggi, seperti dari hasil hilirisasi nikel.

Jenis produk baru yang diekspor dengan high complexity, sebagian besar berupa logam dasar hasil hilirisasi nikel, seperti stainless steel ingot dan CRC, serta kendaraan roda dua.

“Selain itu, ada produk baru dengan low complexity, seperti aluminium oksida dan turunan CPO,” pungkas Agus. NOV

Baca juga : Semoga Makin Banyak Anak Jakarta Hobi Baca

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 7, edisi Sabtu, 17 Februari 2024 dengan judul "Pemerintah Bentuk Satgas Peningkatan Ekspor Industri Manufaktur Kita Dan Berdaya Saing  Mendunia"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.