Dark/Light Mode

Teken MoU, Kemenkop UKM dan SECoop Timor-Leste Garap Perkembangan Koperasi dan UMKM

Selasa, 20 Februari 2024 20:42 WIB
Kemenkop UKM bersama Kementerian Koperasi Republik Demokratik Timor-Leste/ Secretary of State for Cooperatives (SECoop)  from Timor-Leste meneken MoU, di Jakarta Selasa (20/2/2024). (Foto: Kemenkop UKM)
Kemenkop UKM bersama Kementerian Koperasi Republik Demokratik Timor-Leste/ Secretary of State for Cooperatives (SECoop) from Timor-Leste meneken MoU, di Jakarta Selasa (20/2/2024). (Foto: Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bersama Kementerian Koperasi Republik Demokratik Timor-Leste/ Secretary of State for Cooperatives (SECoop) from Timor-Leste meneken Memorandum of Understanding (MoU).

Kerja sama ini terkait pengembangan kapasitas Koperasi dan UMKM di antara kedua negara.

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menjelaskan, tujuan dari MoU tersebut adalah, bagaimana kedua negara bertukar pengalaman di dalam pengembangan ekonomi rakyat, UMKM dan koperasi.

Baca juga : Gaet KPPU, Kemenkop UKM Komit Tingkatkan Kemitraan UMKM dan Usaha Besar

Dalam perkembangan ekonomi global, pertumbuhan ekonomi tidak lagi berada di satu negara saja, tetapi kawasan (ASEAN).

“Kami berkepentingan dengan Timor-Leste untuk tumbuh bersama. Karena kita punya kekuatan di sektor agriculture dan aquaculture, termasuk tambang. Tetapi yang paling banyak berkaitan dengan koperasi yaitu di agriculture dan aquaculture,” tegas Teten dalam penandatanganan MoU tersebut di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Menurut Teten, lingkup kerja sama MoU ini adalah, bahwa kedua negara secara bersama-sama dapat mengembangkan capacity building, kemitraan antar koperasi, feasibility study terkait pengembangan potensi bisnis koperasi dan UKM, pelatihan dan exchange visit, serta penguatan program UKM dan Koperasi melalui kerjasama regional.

Baca juga : Telkomsel Dan Singtel Gaet Google Kembangkan Layanan RCS

Kerja sama ini kata Teten, akan membuka kesempatan luas bagi koperasi dan UMKM di kedua negara untuk saling belajar, saling bertukar informasi dan dapat berkembang lebih baik lagi.

“Bukan lantas Indonesia lebih baik dari Timor Leste, tetapi kami belajar bersama-sama, learning together, growing together. Sehingga nanti kerja sama ini semakin mempererat hubungan kedua negara,” ujarnya.

Ke depan, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Timor Leste diharapkan secara bersama-sama dapat melakukan evaluasi pada sektor tertentu yang dapat dikembangkan oleh koperasi dan UKM, yang akan semakin memperkuat kerja sama kedua negara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.