Dark/Light Mode

Tawarkan Lahan Di Batang Dan Karawang

Menperin: VinFast Bakal Bangun Pabrik Tahun Ini

Rabu, 21 Februari 2024 07:00 WIB
Menteri Perindustrian Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto: Dok HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN
Menteri Perindustrian Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto: Dok HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar baik datang dari Vietnam. Rencananya, produsen mobil listrik asal Vietnam, VinFast, bakal membangun pabrik mobil listrik di Indonesia dan memulai tahap konstruksinya pada 2024.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, VinFast sudah berkomitmen membangun pabrik mobil listrik di Indonesia dan sedang mencari lahan.

Baca juga : Kebon Sirih Wanti-wanti Pengemis Serbu Jakarta

Pemerintah telah menawarkan sejumlah kawasan industri yang dapat dipertimbangkan sebagai lokasi pabrik VinFast, yakni di Batang, Jawa Tengah dan Karawang, Jawa Barat.

“Secepatnya, begitu lahan tersedia mereka bakal investasi. Kita sedang matching-kan kawasan industri dengan mereka, ada beberapa target kawasan industri,” kata Agus kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (19/2/2024).

Baca juga : Napoli Vs Barcelona, Partenopei Tunggu Gebrakan Pelatih Baru

Agus menjelaskan, investasi VinFast di Indonesia termasuk yang menjadi pembahasan oleh Presiden Jokowi dalam rapat internal yang dilaksanakan Senin (19/2/2024). Pemerintah juga masih melihat skema investasi sebelum mobil produksi VinFast dijual di pasaran.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebelumnya menyampaikan, ada beberapa produsen mobil listrik dunia yang akan berinvestasi di Indonesia, yaitu Cherry, BYD dan VinFast.

Baca juga : Baru 3 Bulan Ngelatih, Mazzarri Langsung Digusur

“Namun, besaran investasi perusahaan-perusahaan tersebut kita belum tahu. Para produsen itu masih melakukan kajian bisnis,” kata Airlangga di Jakarta, Kamis (15/2/2024).

Saat ini, kata dia, Pemerintah sedang menyusun aturan untuk memberikan insentif Pajak Penambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPNDTP) pada 2024 agar dapat meningkatkan penggunaan mobil listrik di Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.