Dark/Light Mode

Genjot Kebijakan Hilirisasi Tambang

Arifin Optimistis Smelter Freeport Beroperasi Juni

Sabtu, 2 Maret 2024 07:10 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ESDM Arifin Tasrif saat kunjungan ke Smelter PTFI, Kamis 29/2/2024.
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ESDM Arifin Tasrif saat kunjungan ke Smelter PTFI, Kamis 29/2/2024.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) siap beroperasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Industri Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE) Gresik, Jawa Timur. Smelter ini dijadwalkan beroperasi pada Juni 2024.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, progres pembangunan smelter Free­port ini sudah sesuai rencana. Pihaknya juga mengapresiasi ke­sungguhan Freeport mendukung kebijakan hilirisasi tambang.

Baca juga : Tuntaskan Sebelum Oktober

“Saya optimistis Smelter PTFI dapat beroperasi pada Juni 2024,” kata Arifin dalam keterangan resminya, Jumat (1/3/2024).

Arifin mengatakan, pembangunan pabrik pemurnian tembaga Freeport merupakan bagian dari program percepatan hilirisasi tambang yang dicanangkan Pemerintah. Hal ini sebagai langkah penting mewujudkan Indonesia sebagai negara maju.

Baca juga : Mandiri Dan BNI Kompak Bangun Gedung Futuristik

Wakil Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Jenpino Ng­abdi mengatakan, pembangunan smelter berjalan lancar dan sesuai target. Dia memastikan progres pembangunan smelter siap beroperasi Juni 2024.

Smelter Freeport akan mulai berproduksi pada Agustus 2024, selanjutnya ramp up mencapai kapasitas penuh pada akhir Desember 2024,” kata Jenpino.

Baca juga : Tentara Israel Biadab!

Untuk diketahui, pembangunan smelter ini meru­pakan mandat dari Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) Freeport. Smelter berlokasi di KEK JIIPE, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.