Dark/Light Mode

Akan Kembangkan Layanan Digital Di IKN

Mandiri Dan BNI Kompak Bangun Gedung Futuristik

Sabtu, 2 Maret 2024 07:05 WIB
PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk atau BNI secara resmi melakukan groundbreaking pembangunan gedung BNI di Mini Financial Center yang ada di IKN pada tanggal 29 Februari 2024.
PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk atau BNI secara resmi melakukan groundbreaking pembangunan gedung BNI di Mini Financial Center yang ada di IKN pada tanggal 29 Februari 2024.

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Mandiri dan Bank Negara Indonesia (BNI) melakukan groundbreaking pembangunan kantor perwakilan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Kedua bank pelat merah tersebut mengusung desain masa depan (futuristik) dan hijau.

Kantor yang tengah dibangun PT Bank Mandiri (Persero) Tbk di IKN berbasis digital dengan tema Mandiri Digital Services.

Presiden Jokowi mengapresiasi langkah Bank Mandiri membangun kantor berkonsep Digital Services untuk melayani masyarakat.

“Saya senang Bank Man­diri akan memulai pembangunan kantor khusus untuk Digital Ser­vices. Karena saya tahu Livin’ by Mandiri sudah 23 juta peng­guna, sangat besar sekali,” ujar Jokowi di IKN, Penajam Paser Utara, Kaltim, Kamis (29/2).

Presiden mengatakan, ke de­pan, hal tersebut dapat terus berkembang serta ikut mendo­rong perluasan ekosistem digital di Tanah Air.

Baca juga : Tentara Israel Biadab!

“Bayangan saya nanti kalau ekosistem digital di sini sudah terbangun, akan mendatangkan para pengguna digital. Maka kota ini akan beda dengan kota-kota lain di dunia,” katanya.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menjelaskan, Digital Services Bank Mandiri di IKN akan berlokasi di Pusat Layanan Perbankan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), yang merupakan kawasan strategis dan representatif bagi lembaga negara dan swasta.

Kantor Bank Mandiri ini akan dibangun dengan konsep hijau atau ramah lingkungan dan berbasis digital, sesuai dengan visi IKN sebagai kota cerdas dan berkelanjutan.

Pihaknya berharap, dengan hadirnya Mandiri Digital Services di IKN, dapat memberikan kon­tribusi positif bagi perkembangan ekonomi dan sosial di IKN.

“Terutama dalam proses tran­sisi dari Ibu Kota saat ini, agar dapat berjalan lancar dan sesuai harapan,” ujar Darmawan.

Baca juga : Operator Internet Tolak Pindahkan Kabel Udara

Bank Mandiri juga berkomit­men ikut mengembangkan eko­sistem jasa keuangan di IKN, ber­sama lembaga negara dan swasta lainnya yang turut berpartisipasi dalam pembangunan IKN.

Mandiri Digital Services akan beroperasi dua lantai, dengan luas bangunan sekitar 2.000 m2 (meter persegi).

“Secara desain, bangunan ini akan berbentuk fluid yang menyimbolkan keselarasan bangunan Mandiri Digital Services dengan lingkungan sangat asri di IKN,” ungkapnya.

Selain itu, desain bangunan Mandiri Digital Services akan mengusung konsep sustainability dan ramah lingkungan, solar panel akan berfungsi sebagai salah satu sumber energi.

Bank Mandiri juga mem­bawa tiga inovasi digital ung­gulan, yakni Super App Livin’ by Mandiri, Wholesale Super Platform Kopra by Mandiri dan Smart Branch by Mandiri ke IKN, untuk mempermudah kebutuhan finansial masyarakat.

Baca juga : Manchester City vs Man. United, Setan Merah Tidak Gentar

Tak hanya Mandiri, PT Bank Negara Indonesia (BNI) juga akan menghadirkan gedung BNI di IKN yang ditujukan untuk menjawab berbagai kebutuhan layanan perbankan di IKN.

Groundbreaking pembangunan gedung BNI digelar di Mini Financial Center di IKN pada, Kamis (29/2/2024).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.