Dark/Light Mode

Akan Kembangkan Layanan Digital Di IKN

Mandiri Dan BNI Kompak Bangun Gedung Futuristik

Sabtu, 2 Maret 2024 07:05 WIB
PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk atau BNI secara resmi melakukan groundbreaking pembangunan gedung BNI di Mini Financial Center yang ada di IKN pada tanggal 29 Februari 2024.
PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk atau BNI secara resmi melakukan groundbreaking pembangunan gedung BNI di Mini Financial Center yang ada di IKN pada tanggal 29 Februari 2024.

 Sebelumnya 
Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, pembangunan gedung BNI di IKN ini menjadi bentuk proaktif persero­an dalam mendukung Pemerintah dalam pengembangan IKN.

“Pembangunan gedung BNI ini merupakan langkah nyata kami untuk mewujudkan cita-cita pembangunan IKN. Kami optimis gedung BNI ini akan menjadi awal terbentuknya ekosistem perbankan di sini,” ucap Royke.

Berlokasi di area Mini Finan­cial Center dengan luas lahan sekitar 9.000 m2, gedung BNI di IKN akan memfasilitasi layanan perbankan smart-digital dengan desain bangunan yang futuristik, namun tetap ramah lingkungan.

Hal ini sejalan dengan komit­men BNI untuk menjadi pionir dalam menyediakan layanan perbankan, yang efisien dan ramah lingkungan.

Baca juga : Tentara Israel Biadab!

Konsep Smart City IKN yang juga dijalani oleh BNI, dengan menekankan pentingnya adopsi teknologi cerdas dalam setiap aspek kehidupan di wilayah tersebut. Yakni melalui pendekatan smart people, smart governance, smart infrastruc­ture, smart environment, smart economy, dan smart society.

Rencananya, gedung BNI di IKN akan mengusung kon­sep blended with nature yang diwujudkan dalam desain yang mengikuti kontur tanah.

Ini demi merespons sungai yang mengalir di tapak, dan memaksimalkan vegetasi alami pada lahan untuk menghadirkan bangunan yang modern, dengan tetap menyatu pada konteks alam sekitarnya.

Ditegaskan Royke, kehadiran gedung BNI di IKN ini menjadi bukti nyata hadirnya ekosistem layanan digital di Kawasan IKN.

Baca juga : Operator Internet Tolak Pindahkan Kabel Udara

“Tentu banyak potensi bisnis yang akan lahir di IKN. Kami ingin menjadi bank milik negara yang lebih dulu menjawab po­tensi pertumbuhan bisnis terse­but,” ujarnya.

Terpisah, Pengamat BUMN dari Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto menegaskan, pembangunan dan pengembangan IKN akan menjadi peluang yang pros­pektif bagi BUMN. Tidak hanya bagi BUMN Karya dan Energi, namun bagi seluruh BUMN.

“Karena semua sektor saling berkaitan. Dan pendanaan dari bank BUMN atau Himbara sangat penting kehadirannya di IKN. Mereka akan mendapatkan peluang yang cukup prospektif,” kata Toto kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Apalagi mengingat pembangunan jangka panjang hingga tahun 2045, maka IKN menjadi mega proyek yang terus berkem­bang dan memiliki potensi besar yang dapat dimanfaatkan.

Baca juga : Manchester City vs Man. United, Setan Merah Tidak Gentar

“Tentunya, keberhasilan IKN terjadi berkat faktor pendu­kung dari berbagai pihak, teru­tama BUMN. Hadirnya kantor BUMN di IKN menjadi komit­men pembangunan IKN di masa depan,” tegasnya. DWI

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 10, edisi Sabtu, 02 Maret 2024 dengan judul "Akan Kembangkan Layanan Digital Di IKN, Mandiri Dan BNI Kompak Bangun Gedung Futuristik"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.