Dark/Light Mode

Daya Beli Masyarakat Meningkat

THR Dan Gaji Ke-13 Kerek Pertumbuhan Ekonomi

Senin, 18 Maret 2024 07:00 WIB
Ilustrasi THR Dan Gaji.
Ilustrasi THR Dan Gaji.

 Sebelumnya 
“Dengan dampak pembayaran sekitar Rp 50,8 triliun untuk gaji ke-13 dan Rp 48,7 triliun untuk THR yang akan dibelanjakan di dalam negeri, akan menciptakan permintaan dan pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu menyatakan, THR dan gaji ke- 13 bertujuan untuk mendorong daya beli masyarakat.

Baca juga : Heru Budi: Jangan Sampai Stunting Jadi Penghambat

“Ditujukan untuk mendorong konsumsi masyarakat melalui belanja aparatur negara dan menjamin transformasi ekonomi terus berlanjut,” kata Febrio, dalam keterangan tertulis di Ja­karta, Minggu (17/3/2024).

Tahun ini, Pemerintah mem­berikan THR dan gaji ke-13 secara penuh, dengan komponen tunjangan kinerja 100 persen. Hal itu naik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya sebesar 50 persen. Peningkatan tersebut didorong oleh kondisi keuangan negara yang makin membaik.

Baca juga : The Citizens Cetak Sejarah Baru Lagi

Pada masa pandemi Covid-19, tepatnya 2020 dan 2021, besaran THR dan gaji ke-13 bagi ASN, TNI dan Polri, dipangkas dan direalokasikan untuk mengatasi pandemi dan menjaga daya beli kelompok masyarakat miskin yang paling terdampak, mela­lui berbagai program bantuan sosial.

Namun, perekonomian yang pernah terkontraksi 2,07 persen yoy pada 2020 telah berangsur pulih hingga mencapai 5,05 persen yoy pada 2023. Per­tumbuhan tersebut ditopang konsumsi rumah tangga sebagai kontributor terbesar dalam per­ekonomian.

Baca juga : Keperkasaan Sinner Dihentikan Alcaraz

Kini, di tengah kondisi per­ekonomian tahun 2024 yang masih menghadapi tantangan pelemahan global, serta fenomena El Nino yang menciptakan risiko bagi inflasi, menjaga daya beli masyarakat guna menopang pertumbuhan ekonomi nasional menjadi upaya yang perlu di­lakukan Pemerintah. DIR

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 10, edisi Senin, 18 Maret 2024 dengan judul "Daya Beli Masyarakat Meningkat THR Dan Gaji Ke-13 Kerek Pertumbuhan Ekonomi"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.