Dark/Light Mode

Setiap Tahun Kuota Meningkat

Mudik Gratis BUMN Program Pro Rakyat

Rabu, 20 Maret 2024 07:05 WIB
Ilustrasi: Program Mudik Gratis yang diselenggarakan BUMN. (Instagram ditjen_hubdat)
Ilustrasi: Program Mudik Gratis yang diselenggarakan BUMN. (Instagram ditjen_hubdat)

 Sebelumnya 
Mengutip data dari Direk­torat Lalu Lintas Ditjenhubdat Kemenhub, hingga November 2023, jumlah kendaraan pari­wisata 16.297 unit. Baru 10.147 bus (62,26 persen) yang terdaftar di SPIONAM, sisanya 6.150 bus (37,74 persen) adalah angkutan liar alias tidak terdaftar.

“Masyarakat perlu mewaspa­dai juga dengan tawaran-ta­waran murah dari penyeleng­gara,” tuturnya.

Selain itu ia mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) juga men­jalankan program Mudik Gratis.

“Sebab, Program Mudik Gratis dari pusat umumnya hanya mengantar pemudik ke kota-kota besar. Dan setelahnya harus menempuh perjalan berjam-jam untuk sampai ke tempat tujuan,” kata Djoko.

Baca juga : Masalah Lahan Dan Tata Ruang Masih Jadi PR

Sebelumnya, Program mudik bersama BUMN bertema Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 Ke­menterian BUMN menunjuk PT Jasa Raharja dan Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) BUMN sebagai koordinator pelak­sanaan Mudik Bersama BUMN.

Keduanya berperan dalam koor­dinasi guna memastikan semua aspek pelaksanaan program ber­jalan lancar dan sesuai standar keamanan, serta kenyamanan.

Kementerian BUMN juga menyediakan moda bus berbasis listrik. Layanan ini disediakan untuk mengurangi dampak ling­kungan dari aktivitas trans­portasi, serta memperkenalkan teknologi ramah lingkungan kepada masyarakat lebih luas.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, BUMN sebagai benteng ekonomi nasional akan terus meningkatkan kinerja dan membuat program yang berpi­hak kepada masyarakat.

Baca juga : Disdik DKI Cek Berlapis Calon Penerima KJMU

“Mudik Bersama BUMN telah menjadi agenda rutin. Hal ini sebagai wujud komitmen BUMN untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia,” tutur Erick di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Dikatakan Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) ini, Program Mudik Ber­sama BUMN ini menjadi komit­men pihaknya dalam mendukung arus mudik yang kondusif, dengan mengedepankan keamanan dan keselamatan pemudik.

“Kami berharap program ini mampu mewujudkan perjalanan yang lebih aman, nyaman, dan se­hat bagi para pemudik,” ucapnya.

Erick memperkirakan, adanya peningkatan pemudik hingga 22 persen. Untuk mengantisipasi hal tersebut, dia memastikan semua persiapan telah dilakukan dengan baik.

Baca juga : Garuda Kobarkan Semangat Tinggi

Pendaftaran Mudik Bersama BUMN dibuka sejak 1 Maret 2024 melalui platform masing-masing BUMN.

Masyarakat dapat mengikuti kegiatan program Mudik Ber­sama BUMN tanpa dipungut biaya apapun. Informasi lebih lanjut dapat diakses di media so­sial resmi Kementerian BUMN dan BUMN. DWI

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 9, edisi Rabu, 20 Maret 2024 dengan judul "Setiap Tahun Kuota Meningkat, Mudik Gratis BUMN Program Pro Rakyat"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.