Dark/Light Mode

Kadin Harap Transisi Kepemimpinan Berjalan Kondusif

Stabilitas Politik Jadi Basis Buat Jalannya Geliat Usaha

Jumat, 22 Maret 2024 07:00 WIB
Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang. Foto: (Kadin Indonesia)
Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang. Foto: (Kadin Indonesia)

 Sebelumnya 
“Kami mendorong Pemerintah senantiasa memberikan solusi dukungan yang menggeliatkan dunia usaha,” katanya.

Termasuk meningkatkan kemudahan berusaha, mempersiapkan SDM yang unggul dengan produktivitas tinggi dan penggunaan teknologi unggul.

Dia juga mengingatkan, Pemerintahan Prabowo-Gibran harus mendorong ekspor yang lebih tinggi pada sektor yang dapat memberikan value-added output dan berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi. Seperti hilirisasi mineral strategis dan transisi energi baru terbarukan, termasuk electric vehicles.

Baca juga : Pulau Seribu Disiapkan Jadi Lumbung Pangan

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta W Kamdani berharap pemerintahan baru dapat bekerja sama dengan pelaku usaha secara lebih intens dan berkelanjutan.

“Dengan begitu, agenda-agenda reformasi struktural ekonomi yang sudah ada saat ini bisa disempurnakan,” kata Shinta.

Menurutnya, semua kebijakan ekonomi dalam kepemimpinan Prabowo-Gibran pada 5 tahun mendatang sesuai dengan kebutuhan para pelaku usaha baik di dalam maupun luar negeri.

Baca juga : Spanyol Vs Kolombia, Duel Pemanasan Sebelum Perang

Kebutuhan itu diklaim untuk mendukung Pemerintah mencapai target-target pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diinginkan.

Selain itu, Shinta berharap agar ada mekanisme konsultasi kebijakan yang lebih konsisten, sistematis dan berkelanjutan dengan Pemerintah di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran.

Hal itu agar iklim usaha atau investasi yang diciptakan di Indonesia di masa mendatang dapat menciptakan kepercayaan pasar. DIR

Baca juga : Osaka Hempaskan Cocciaretto

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 10, edisi Jumat, 22 Maret 2024 dengan judul "Kadin Harap Transisi Kepemimpinan Berjalan Kondusif, Stabilitas Politik Jadi Basis Buat Jalannya Geliat Usaha"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.