Dark/Light Mode

Kaya Perikanan, Rumput Laut Dan Gangga

Pulau Seribu Disiapkan Jadi Lumbung Pangan

Jumat, 22 Maret 2024 06:50 WIB
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memukul gong saat membuka secara resmi acara Musyarawah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2024 Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, di Gedung Prama Primer Sunter, Jakarta Utara, Selasa (19/3/2024). (Foto: Pemprov DKI Jakarta)
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memukul gong saat membuka secara resmi acara Musyarawah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2024 Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, di Gedung Prama Primer Sunter, Jakarta Utara, Selasa (19/3/2024). (Foto: Pemprov DKI Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabupaten Kepulauan Seribu akan dikembangkan menjadi lumbung pangan untuk ketahanan pangan bagi DKI Jakarta. Langkah ini diambil untuk menghadapi terus menurunnya cadangan pangan dunia.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat membuka pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2024 Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Heru menyebut Kepulauan Seribu merupakan wilayah per­airan yang kaya hasil laut seperti ikan, rumput laut, ganggang dan sebagainya.

“Kita melihat kebutuhan ba­han pokok semakin berkurang di dunia. Maka pada 2025 dan seterusnya memang harus dipikirkan agar Kepulauan Seribu menjadi lumbung pangan bagi masyara­kat DKI Jakarta,” kata Heru di Gedung Prama Primer Sunter, Jakarta Utara, Selasa (19/3/2024).

Baca juga : Spanyol Vs Kolombia, Duel Pemanasan Sebelum Perang

Untuk mewujudkan itu, lanjut Heru, Pemerintah Provinsi (Pem­prov) DKI Jakarta perlu melaku­kan sinergi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Pemprov DKI Jakarta, dipastikan Heru, akan terus berupaya meningkatkan sinergi dan menyelesaikan berbagai tantangan tersebut melalui Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

Heru menegaskan, terdapat empat isu yang dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2025. Yakni peningkatan kualitas lingkungan dan infrastruktur, akselerasi pertumbuhan ekonomi, tata ke­lola pemerintah yang adaptif, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Empat isu itu untuk mewu­judkan Jakarta Global yang berketahanan inklusif, berdaya saing dan berkelanjutan.

Baca juga : Osaka Hempaskan Cocciaretto

“Tentunya harapan saya, bu­pati dan jajarannya, bersama tokoh masyarakat dan seluruh pengusaha yang bergerak di lingkungan pariwisata Kepu­lauan Seribu, dapat mendukung hal ini untuk mewujudkan ma­syarakat Kepulauan Seribu yang sejahtera,” ujarnya.

Untuk kebutuhan dasar warga Kepulauan Seribu seperti la­han pemakaman dan lahan pe­rumahan dalam bentuk rumah susun (rusun), Heru meminta, Suku Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (CK­TRP) bersama Badan Perenca­naan Pembangunan Kabupaten (Bappekab) Kepulauan Seribu melakukan kajian lebih lanjut terhadap struktur bangunan dan lahan, serta landasan hukumnya.

“Juga dipikirkan perizinan lin­tas udara untuk mendarat pesawat dari Airnav atau Angkatan Udara, karena ada area-area tertentu di Kepulauan Seribu merupakan area pendaratan pesawat terbang. Juga dipikirkan landasan hukum­nya untuk pembangunan multi­year,” pinta Heru.

Bupati Kepulauan Seribu Ju­naedi mengatakan, Musrenbang ini diawali dengan Rembuk RW di 23 RW dari enam kelurahan yang menghasilkan sebanyak 92 usulan. Aspirasi tersebut selanjutnya dibahas dalam Mus­renbang tingkat kelurahan dan kecamatan hingga ditetapkan 78 usulan prioritas.

Baca juga : Amerika Ajukan Proposal Resolusi Gencatan Senjata

“Dari jumlah itu, dibawa ke tingkat Kabupaten dengan mem­bahas delapan usulan diakomo­dir di Tahun Anggaran 2024. Dan, sebanyak 50 usulan masuk Rencana Kerja 2025. Kemudian, ada 20 usulan yang belum dapat diakomodir,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.