Dark/Light Mode

Visa Foundation Siap Kerja Sama Dongkrak Bisnis UKM Perempuan

Selasa, 26 Maret 2024 22:59 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Visa Foundation berusaha untuk terus konsisten dalam mendukung para pelaku usaha kecil dan mikro, khususnya bagi pelaku usaha perempuan.

Visa Foundation merilis Impact Report perdana, yang merekam kegiatan hibah dan investasi berdampak selama enam tahun.

Sebagai yayasan korporat Visa, Visa Foundation bermitra dengan organisasi lokal untuk berinvestasi pada usaha kecil dan mikro (UKM) yang sebagian besar dimiliki oleh perempuan.

Presiden Visa Foundation, Graham Macmillan mengatakan, Visa Foundation berusaha ikut memajukan inklusi keuangan dengan memberikan edukasi seputar literasi digital dan keuangan.

Yayasan korporat Visa telah menjadi katalisator bagi pemilik UKM dengan berinvestasi kepada pelaku usaha perempuan.

Di Indonesia, Visa Foundation sejauh ini telah berinvestasi sekitar 4 juta dolar AS, dan melalui jaringan penerima bantuannya, menjangkau lebih dari 900 ribu usaha kecil dan mendukung sekitar 100 ribu lapangan kerja.

Baca juga : AMIN Optimis Menangi Pertarungan Sidang MK

“Ini selaras dengan visi kami untuk mendorong perubahan yang berkelanjutan dan meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat,” ujarnya, di Jakarta, Senin (25/3/2024).

Selain dukungan bagi UKM, Visa Foundation juga secara aktif mendukung upaya bantuan bencana.

Dia mencontohkan, salah satunya melalui pemberian hibah kepada Mercy Corps untuk membantu korban Gempa Bumi dan Tsunami Sulawesi pada tahun 2023.

"Sebagai yayasan korporat Visa, kami turut menjalankan misi global bantu meningkatkan kehidupan semua orang, di mana pun, dan menggunakan jangkauan global kami untuk memungkinkan individu, bisnis, dan ekonomi berkembang," tuturnya. 

Ia mengaku senang berada di Jakarta untuk bekerja sama dengan mitra lokal di lapangan.

MacMillan menjelaskan, Visa Foundation memprioritaskan UKM milik perempuan karena mereka umumnya di beberapa negara kurang terlayani dan membutuhkan dukungan.

Baca juga : Mudahkan Mobilitas Karyawan, PAMA Jalin Kerja Sama Dengan Pelita Air

“Bersama-sama, kami akan terus berinvestasi ke dalam masyarakat, mendorong perubahan positif, dan memastikan masa depan yang lebih setara bagi semua,” ungkap MacMillan.

Presiden Direktur Visa Indonesia Riko Abdurrahman mengaku merasa terhormat dapat menjadi tuan rumah bagi Visa Foundation.

Ia menuturkan, akan fokus dalam upaya memberdayakan UKM. Terutama yang dipimpin oleh perempuan.

“UKM yang dipimpin perempuan telah menjadi salah satu prioritas kami dalam beberapa tahun terakhir ini,” ungkap Riko. 

Dalam rangka Hari Perempuan Internasional bulan ini, ia berharap bisa memperluas program-program terkait di Indonesia. Pihaknya siap bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan.

“Kami siap bekerja sama untuk memastikan kami dapat terus mendukung perempuan pelaku bisnis dan berinvestasi dalam pemberdayaan yang berkesinambungan,” tuturnya. 

Baca juga : Indonesia Komit Kuatkan Kerja Sama Strategis Dengan Korsel

Komitmen Visa Foundation yang berkelanjutan menegaskan dedikasinya dalam membangun ekonomi inklusif dan mendorong perubahan transformatif di Indonesia juga berbagai negara lainnya.

Visa Foundation berusaha memberikan dampak positif bagi para penerima bantuan dan investasi.

Visa Foundation telah mendukung lebih dari empat juta UKM di 60 negara, mendukung penciptaan lebih dari satu juta lapangan kerja.

Selain itu juga mengucurkan modal usaha hingga 2 miliar dolar AS untuk masyarakat setempat di seluruh dunia. UKM dinilai penting dalam sebuah negara.

UKM, menurutnya adalah tulang punggung ekonomi lokal. Mereka mendorong inovasi, menciptakan lapangan kerja, dan mendorong mobilitas ke atas.

Namun, sebanyak 67 persen UKM di seluruh dunia masih berjuang untuk bertahan hidup dan 80 persen UKM milik perempuan di Indonesia masih belum dapat memenuhi kebutuhan pembiayaannya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.