Dark/Light Mode

Jamin Pasokan Aman Untuk Mudik

Bos BPH Migas: Stok BBM Melebihi Kuota

Kamis, 4 April 2024 07:00 WIB
Konferensi pers Pembukaan Posko Nasional Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2024 di kan­tor BPH Migas, Jakarta, Rabu (3/4/2024). Foto: Dok. BPH Migas
Konferensi pers Pembukaan Posko Nasional Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2024 di kan­tor BPH Migas, Jakarta, Rabu (3/4/2024). Foto: Dok. BPH Migas

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menyampaikan bahwa kondisi ketahanan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) secara nasional dalam kondisi aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode libur Lebaran.

BPH Migas menyebut, ketahanan pasokan BBM secara nasional di atas 20 hari. Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengungkapkan, selama peri­ode Posko Ramadan dan Idul Fitri 2024, BPH Migas bersama Pertamina serta badan usaha lainnya telah menyiagakan 115 terminal BBM, lebih dari 7.400 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan 71 De­pot Pengisian Pesawat Udara (DPPU). Serta menyiagakan fasilitas tambahan di wilayah dengan demand yang tinggi.

“Telah kami pastikan, bahwa kondisi ketahanan stok BBM aman, baik gasoline, gasoil, kerosin, maupun avtur, dengan ketahanan stok di atas 20 hari,” ujar Erika dalam konferensi pers Pembukaan Posko Nasional Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2024 di kan­tor BPH Migas, Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Erika bersyukur, stok tahun ini melebihi tahun sebelum­nya. “Kalau biasanya (ketahanan stok) sekitar 17 sampai 18 hari, Alhamdulillah tahun ini stoknya melebihi,” ucapnya.

Baca juga : Vaksin DBD Untuk Warga Tolong Digratiskan Dong

Berdasarkan proyeksi, pe­nyaluran produk BBM selama periode RAFI (Ramadan dan Idul Fitri) 2024 ini diperkirakan naik 11 persen untuk gasoline, gasoil turun 15 persen, dan avtur akan naik 1,3 persen.

Selain itu, Direktorat Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Pertamina juga menye­diakan 30 terminal LPG (Lique­fied Petroleum Gas), 723 SPB­BE (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji), dan 5.027 agen LPG. Prognosa ketahanan stok LPG nasional juga berada dalam kondisi aman, dengan coverage days LPG rata-rata 14 hari.

“Stok LPG dipertahankan tetap stabil selama periode RAFI 2024, serta menyiapkan agen dan pangkalan LPG yang siaga 24 jam, khususnya di wilayah dengan demand yang tinggi,” terangnya.

Kemudian untuk gas bumi, BPH Migas juga memastikan, se­cara umum penyaluran gas bumi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat diperkirakan menca­pai 846 Billion British Thermal Unit per Day (BBTUD), selama periode RAFI 2024.

Baca juga : Misi Amankan Kursi Puncak

Penyalurannya dilakukan ke­pada 3.108 pelanggan komersial dan industri, 1.986 pelanggan kecil, 817 ribu pelanggan rumah tangga untuk jargas (jaringan gas), serta pelanggan power, termasuk PLN Group.

Dengan mengoptimalkan jaringan dan infrastruktur gas bumi yang lebih dari 32 ribu ki­lometer (km), 13 SPBG (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas), tiga MRU (Mobile Refueling Unit) dengan kapasitas sebesar 19.175 LSB (Light Sour Blend), serta tiga LNG (Liquefied Natu­ral Gas) terminal yang dikelola oleh BGN International, berada dalam kondisi andal dan aman.

Lalu di sektor ketenagalistri­kan, Erika mengatakan, progno­sa kondisi pasokan tenaga listrik pada sistem kelistrikan Jawa-Bali, Sumatera, Kalimantan, dan sebagian besar Indonesia Timur pada periode RAFI 2024, pun berada pada kondisi aman.

Dikatakan Erika, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Ke­menterian ESDM dan PT PLN (Persero) juga akan meningkat­kan kesiagaan semua unit kerja, untuk menjaga keandalan dan juga kualitas pasokan listrik, dengan menyiapkan prosedur operasi periode siaga Ramadan dan Idul Fitri tahun 2024.

Baca juga : Collins Pulangkan Badosa

Di sektor kebencanaan ge­ologi, telah dibentuk tim tanggap darurat bencana geologi, yang akan merespons dengan cepat setiap bencana yang terjadi dan siaga dalam waktu 24 jam.

Termasuk meningkatkan pe­mantauan gunung api secara cermat, pada beberapa gunung api aktif.

“Kami berharap, segala per­siapan-persiapan yang telah dilakukan itu bisa terjaga dengan baik. Dan pelaksanaannya bisa dilaksanakan dengan baik,” sebutnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.