Dark/Light Mode

Masyarakat Antusias Mudik Naik KA

Wamen BUMN Pastikan Layanan Aman Dan Nyaman

Sabtu, 6 April 2024 07:05 WIB
Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengecek langsung keberangkatan pemudik di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.
Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengecek langsung keberangkatan pemudik di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN) Kartika Wirjoatmodjo meninjau layanan mudik Kereta Api (KA) di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (5/4/2024). Menurutnya, layanan sangat bagus, meningkat dibandingkan tahun lalu.

Tiko, sapaan Kartika Wirjoatmodjo, kemarin, memimpin Apel Ge­lar Pasukan Angkutan Lebaran 2024 di Stasiun Gambir, Jakarta.

Kegiatan ini dihadiri jajaran direksi PT Kereta Api Indo­nesia (Persero) dan sejumlah pimpinan media. Salah satunya, Direktur Utama Harian Rakyat Merdeka dan CEO (Chief Executive Officer) Rakyat Merdeka Group Kiki Iswara Darmayana.

Mengenakan kemeja berwarna biru gelap dan setelan celana hi­tam, Wamen Tiko menyempatkan diri menyapa para penumpang KA 22A Argo Cheribon relasi Gambir-Cirebon, yang diberang­katkan dari Stasiun Gambir pukul 10.10 WIB dan tiba di Cirebon pukul 13:05 WIB.

Selanjutnya, mantan bos Bank Mandiri itu turut melepas keberang­katan KA Pangandaran (7028A) relasi Gambir-Banjar, dengan ke­berangkatan dari Stasiun Gambir pukul 09:30 WIB dan waktu tiba di Banjar pukul 16:25 WIB.

Baca juga : AS Ancam Stop Bantu Israel

Menurutnya, masyarakat sangat senang melakukan perjalanan mudik Lebaran menggu­nakan kereta api.

“Tadi saya cek, tanya ke penumpang, katanya senang naik kereta api. Puas dengan kondisi gerbong, kenyamanan kursinya, pelayanan dan ketepatan waktu perjalanan kereta,” tutur Tiko.

Ia menilai, sejumlah sarana, prasarana dan infrastruktur yang disiapkan PT KAI bersama Direktorat Jenderal Perkere­taapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk periode angkutan Lebaran tahun ini, sangat baik.

“Persiapannya, baik dari sisi infrastruktur dan sarana semuanya baik. Saya rasa ini suatu perubahan yang signifikan. Masyarakat kian menikmati dan menggemari naik kereta api, khususnya yang jarak jauh, seperti ke Yogyakarta dan Sura­baya,” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menyampaikan, dengan berlangsungnya Apel Gelar Pasukan di Stasiun Gambir ini, menandai hari pertama dilak­sanakannya posko Angkutan Lebaran KAI, dalam rangka me­layani masyarakat yang meng­gunakan transportasi kereta api, yakni sejak 5-16 April 2024.

Baca juga : The Citizens Ingin Jaga Kemenangan

Adapun masa Angkutan Leba­ran ditetapkan pada 31 Maret hingga 21 April 2024.

Didek bersama seluruh Komisaris, Direksi dan jajaran KAI, melaksanakan posko Ang­kutan Lebaran guna memastikan operasional perjalanan kereta api aman, serta pelayanan kepada pelanggan berjalan optimal.

Untuk mendukung pelaksa­naan Posko Angkutan Lebaran selama 12 hari tersebut, para peserta posko harus melaku­kan monitoring dan pengecekan langsung di lapangan.

“Itu untuk menjamin agar berjalan dengan tertib, aman, terkendali dan lancar,” katanya.

Berdasarkan data per Jumat (5/4/2024) pagi, PT KAI mem­berangkatkan sebanyak 17.994 penumpang dari Stasiun Gambir. Lalu, sebanyak 26.479 penum­pang berangkat dari Stasiun Pasarsenen.

Baca juga : Proyek Polder Tanjung Barat Picu Macet Dan Banjir

“Jadi, di H-5 Lebaran, untuk KAI Daerah Operasional (Daop) I Jakarta, memberangkatkan sebanyak 44.473 penumpang,” katanya.

Pihaknya memastikan ke­andalan sarana dan prasara­na, bersama Kemenhub, serta melakukan Ramp Check atau pemeriksaan kelaikan dan kesiapoperasian lokomotif dan kereta untuk memastikan kereta api dalam kondisi prima.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.