Dark/Light Mode

Masyarakat Antusias Mudik Naik KA

Wamen BUMN Pastikan Layanan Aman Dan Nyaman

Sabtu, 6 April 2024 07:05 WIB
Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengecek langsung keberangkatan pemudik di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.
Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengecek langsung keberangkatan pemudik di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

 Sebelumnya 
Sebanyak 472 lokomotif, 1.872 gerbong kereta dan 99 KRD (Kereta Rel Diesel) yang siap dioperasikan guna mem­berikan layanan terbaik bagi pelanggan KAI.

Sedangkan dari sisi fasilitas, perseroan telah mempersiap­kan dengan optimal mulai dari memasuki area stasiun, di atas kereta, hingga keluar area sta­siun tujuan.

“Termasuk kebersihan area sta­siun, ruang tunggu penumpang, toilet, serta kereta terus dijaga untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan,” ucapnya.

Ia juga memastikan, pada Lebaran ini, pihaknya telah menyiapkan segala sumber daya untuk melayani pelanggan secara maksimal.

Kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan.

Baca juga : AS Ancam Stop Bantu Israel

Ia mencontohkan, untuk aspek SDM (Sumber Daya Manusia), seluruh petugas operasional, seperti masinis dan asisten ma­sinis siap mematuhi SOP (Stan­dard Operating Procedure).

Bahkan, para petugas front­liner, seperti kondektur, pra­ma atau prami dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati.

Hal ini menunjukkan, kon­sistensi perseroan dalam mem­berikan perhatian terhadap keselamatan, keamanan dan ke­nyamanan, terutama di peak sea­son, seperti Angkutan Lebaran.

Guna meningkatkan kesela­matan perjalanan kereta api di periode Angkutan Lebaran ini, pihaknya juga telah menambah 842 personel ekstra. Yang terdiri dari 322 petugas pemeriksa jalur ekstra, 359 petugas penjaga pintu perlintasan ekstra dan 161 petugas daerah pemantauan khusus.

Selain itu, sebagai langkah peningkatan keamanan dan ketertiban (kamtib) dalam perjala­nan kereta api, stasiun, dan jalur kereta api, pihaknya melakukan koordinasi kewilayahan dengan aparat setempat.

Baca juga : The Citizens Ingin Jaga Kemenangan

“Serta senantiasa meningkatkan pengamanan operasi pada daerah pengawasan kamtib,” tutur Didiek. Sejauh ini, pihaknya telah menyiapkan 9.689 tenaga kamtib, terdiri dari 1.216 Polsuska (Polisi Khusus Kereta Api), 7.634 securi­ty, serta 839 eksternal (TNI/ Polri).

Pihaknya juga terus melaku­kan pengecekan secara berkala, terhadap titik yang memiliki potensi rawan, proaktif dalam penyelesaian potensi bahaya, memastikan ketersediaan dan keandalan dari seluruh perang­kat penanganan kondisi darurat.

Hingga meningkatkan pen­jagaan di perlintasan liar dengan berkoordinasi aktif, serta mengoptimalkan seluruh stakeholders termasuk masyarakat sekitar.

Ia menambahkan, sebagai upaya mensukseskan penyeleng­garaan Angkutan Lebaran ini, KAI berkolaborasi dengan ber­bagai pihak. Yakni meliputi Ke­menhub, Kementerian BUMN, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, Basarnas (Badan SAR Nasional), anggota komunitas pecinta kereta api, serta pihak-pihak lainnya.

Dalam rangkaian Gelar Pa­sukan Angkutan Lebaran ini, sambung dia, diadakan pula simulasi penanganan manaje­men risiko terkait gangguan operasional kereta api, serta gangguan keamanan.

Baca juga : Proyek Polder Tanjung Barat Picu Macet Dan Banjir

Hal ini menunjukkan, kes­iapan KAI dalam menghadapi situasi yang tidak terduga. IMA

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 9, edisi Sabtu, 6 April 2024 dengan judul "Masyarakat Antusias Mudik Naik KA Wamen BUMN Pastikan Layanan Aman Dan Nyaman"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.