Dark/Light Mode

Jokowi Dan Mendag Pantau Pangan Kebutuhan Pokok

Jelang Lebaran, Stok Cukup Dan Harga Stabil

Minggu, 7 April 2024 07:10 WIB
Presiden Jokowi meninjau Pasar Muarao Bungo, Rabu (04/04/2024), di Jambi. (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi meninjau Pasar Muarao Bungo, Rabu (04/04/2024), di Jambi. (Foto: BPMI Setpres)

 Sebelumnya 
Menurut Zulhas, turunnya harga beras karena saat ini sudah memasuki panen. Dia mendapat informasi dari Kementerian Per­tanian bahwa volume panen di bulan April mencapai 3,8 juta ton. Akan melebihi dari kebu­tuhan bulanan secara nasional hanya 2,5 juta ton.

Sedangkan untuk komoditas lainnya, seperti daging ayam juga turun. Saat ini, kata Zulhas, harga daging ayam rata-rata mencapai Rp 40.000 ribu per kg Sedangkan untuk harga telur ayam sudah mencapai Rp 28.000 hingga Rp 27.000 per kg.

“Oleh karena itu, saya terima kasih kepada Pak Mentan (Andi Amran Sulaiman), Kepala Bapa­nas (Arief Prasetyo Adi) yang sudah bekerja luar biasa dalam menstabilkan harga pangan,” ujar Zulhas.

Baca juga : InJourney Ingin Jadi Operator Kelas Dunia

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Esther Sri Astuti mengatakan, dari hasil pantauan Indef dalam beberapa hari terakhir, ada komoditas pangan yang harganya menurun sedikit.

“Seperti harga telur ayam ras, yang tadinya Rp 32 ribu per kg menjadi Rp 28 ribu per kg. Harga beras juga turun sedikit, untuk kemasan 5 kg biasanya Rp 78 ribu, sekarang sudah Rp 69 ribu,” kata Ester kepada Rakyat Merdeka, Jumat (5/4/2024).

Namun begitu, lanjut dia, ada beberapa komoditas pangan yang harganya masih tinggi, seperti daging sapi, ayam, bawang merah dan bawang putih serta cabe.

Baca juga : KPK Sudah Gelar Perkara Lagi Lho

“Kenaikan harga komoditas ini memang biasa terjadi saat Lebaran, tapi yang membeda­kan tahun ini adalah kenaikan harga beras. Perkiraan kami, ini disebabkan momen Pemilu berdekatan dengan Ramadan dan Lebaran,” ujar Esther.

Dia berharap, kenaikan harga musiman bisa dikendalikan Pe­merintah untuk mengendalikan laju inflasi.

“Untungnya, inflasi saat ini masih dalam batas, meski inflasi pangan bisa dibilang cukup ting­gi. Karenanya butuhkan kerja keras lagi dari Pemerintah dan pemangku kepentingan untuk memastikan ketersediaan dan harga komoditas pangan tetap stabil,” tegas Esther. NOV

Baca juga : Monza Vs Napoli, Misi Kebangkitan Partenopei

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 3, edisi Minggu, 7 April 2024 dengan judul "Lepas Mudik Gratis Polri Presisi Menhub Ucapkan Terima Kasih Kepada Kapolri Dan Panglima TNI"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.