Dark/Light Mode

Putusan MK Soal Pilpres Beri Kepastian Buat Dunia Usaha

Saatnya Bangun Ekonomi Menuju Indonesia Emas

Rabu, 24 April 2024 07:00 WIB
Suasana sidang putusan perselisihan hasil Pilpres 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (22/4/2024).  Foto: RIZKI SYAHPUTRA / RM
Suasana sidang putusan perselisihan hasil Pilpres 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (22/4/2024). Foto: RIZKI SYAHPUTRA / RM

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaku usaha mengajak semua yang terlibat dalam pertarungan politik Pemilihan Presiden (Pilpres) bersatu dan bergotong royong membangun bangsa, pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Kerja bersama ini penting karena Indonesia menghadapi tantangan berat ekonomi global. Target Indonesia Emas juga harus dicapai.

Wakil Ketua Umum Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Kamar Dagang dan Industri (Ka­din) Indonesia Sarman Siman­jorang mengajak semua pihak menghormati putusan MKguna mendukung stabilitas politik yang esensial bagi pertumbuhan ekonomi dan dinamika dunia usaha.

Sarman menegaskan, Kadin fokus mengembangkan eko­sistem ekonomi yang mendukung pertumbuhan dan inovasi bisnis lintas sektor. Sebagai mitra strategis Pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya, Kadin ber­tujuan mendukung pencapaian visi Indonesia Emas 2045.

Baca juga : DKI Kudu Siapkan Posko Aduan Penonaktifan NIK

“Situasi geopolitik dunia saat ini tengah memanas. Kondisi tersebut membuat nilai tukar ru­piah melemah dan potensi naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Sebab itu, semua pihak diharapkan mampu menjaga stabilitas bangsa dari sisi poli­tik, sosial, budaya, ekonomi,” kata Sarman di Jakarta, Selasa (23/4/2024).

Menurut Sarman, selain fokus mempertahankan kondisi ekono­mi, diperlukan juga menjaga kondisi sosial politik berjalan kondusif.

Pelaku usaha berharap, para elite politik memberikan pernyataan yang menyejukkan dan mengedepankan persatuan kesatuan. Tidak mengganggu psikologi pasar, investor dan psikologi pengusaha nasional.

Baca juga : Taeguk Warriors Dihantui Cedera

Hal itu dimaksudkan agar tar­get-target ekonomi yang ditetap­kan Pemerintah, seperti target pertumbuhan ekonomi 2024, bisa tercapai dengan kemampuan mitigasi berbagai tantangan ekonomi global yang mempengaruhi per­ekonomian nasional.

“Setelah putusan MK, kami harapkan sosial politik kita semakin kondusif dan nyaman untuk ekonomi lebih baik ke depan,” harapnya.

Sebagai organisasi perwakilan dunia usaha, Kadin juga mengu­capkan selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga : Nuggets Tumbangkan Lakers

Kadin Indonesia meyakini bahwa penetapan resmi dari KPU dan putusan MK yang telah diumumkan akan memberikan kepastian bagi dunia usaha yang berdampak pada kemajuan ekonomi,” ujarnya.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Wi­djaja Kamdani mengatakan, putusan MK dengan perkara no­mor 1/PHPU.PRES-XXII/2024 dan nomor 2/PHPU.PRES-XXII/2024 memberi kepastian hukum terhadap konflik pemilu yang terjadi selama ini.

Dia berharap, setelah terbitnya putusan tersebut dapat mendu­kung penciptaan iklim usaha dan investasi domestik yang lebih stabil untuk Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.