Dark/Light Mode

Resmikan Bendungan di Gorontalo, Jokowi Belajar Nge-vlog

Selasa, 23 April 2024 08:41 WIB
Presiden Jokowi saat kunjungan kerja ke Gorontalo. (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi saat kunjungan kerja ke Gorontalo. (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mulai mengikuti tren anak muda saat ini dalam memvideokan beragam aktivitasnya. Hal itu terlihat saat Jokowi belajar nge-vlog di peresmian bendungan di Gorontalo, Senin (22/4/2024).

Aktivitas Jokowi di Gorontalo cukup padat. Kepala Negara sudah tiba di daerah penghasil jagung tersebut, sejak Minggu (21/4/2024). Jokowi datang didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Senin (22/4/2024), Jokowi terbang menuju Kabupaten Pohuwato menggunakan pesawat ATR 72-600 melalui Bandara Djalaluddin, Gorontalo sekitar pukul 07.20 WITA. Setibanya di Bandara Panua Pohuwato, Kabupaten Pohuwato, mantan Gubernur DKI Jakarta itu, langsung meninjau fasilitas bandara dan meresmikannya. 

Selesai acara, Jokowi melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Boalemo, Gorontalo, dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU. Di sana, ia meresmikan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) dan meninjau lokasi panen jagung.

Baca juga : Anies-Imin Pasrah PDIP Masih Ngegas

Jokowi kemudian bertolak menuju Kabupaten Bone Bolango dengan menggunakan helikopter. Di Kabupaten Bone Bolango, Jokowi meninjau Bendungan Bolango Ulu dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila.

Menariknya, saat meninjau Bendungan Bolango Ulu, Jokowi nge-vlog, layaknya YouTuber atau selebgram. Ia lalu mengunggah video hasil nge-vlognya di akun Instagram @jokowi.

Dari sebuah bangunan semi permanen di atas area bendungan, mantan Wali Kota Solo itu sibuk dengan ponselnya. "Hari ini saya dengan Menteri PU, Menteri Perhubungan mengunjungi Waduk Bulango Ulu, Bendungan Bulango Ulu, di Provinsi Gorontalo. Dan ini letaknya di Bone Bolango, di Provinsi Gorontalo," tutur Jokowi, sambil menghadap kamera ponsel yang tengah merekam.

Ia menjelaskan, bendungan ini memiliki luas genangan 483,05 hektar, dengan daya tampung yang sangat besar, yakni 84,1 juta meter kubik. Pembangunan bendungan ditargetkan selesai Oktober tahun ini.

Baca juga : Kepuasan Publik Ke Presiden Tetap Kokoh

"Ini masih dalam proses pembangunan, dan akan selesai akhir tahun ini dengan anggaran Rp 2,4 triliun yang sudah dikerjakan sejak 2019," jelas Jokowi.

Jokowi lalu menjelaskan fungsi dan manfaat bendungan tersebut. Di antaranya, dapat digunakan untuk irigasi hingga menjadi pembangkit listrik. Jumlah lahan irigasi yang dipenuhi oleh Bendungan Bulango Ulu mencapai 4.950 hektare dan memiliki potensi pembangkit listrik tenaga mikrohidro sebesar 4,96 megawatt. Bendungan ini juga bisa mereduksi banjir hingga 629 hektare lahan dan memberikan air baku dengan kapasitas 2,2 meter kubik per detik.

Vlog ini disambut antusias oleh para warganet. "Kangen banget sama vlog-nya Pak Jokowi. Semoga sehat selalu presidenku," tulis akun @nie.nitaanita.

Akun @ipendut menyebut, ini bukan vlog pertama Jokowi. Dulu, Jokowi juga sudah melakukannya. "Asik Pakde mode nge-vlog lagi kaya dulu," tulisnya.

Baca juga : Rakyat Merdeka Adalah Sahabat yang Jujur!

Akun lainnya, memuji kerja keras Jokowi dalam melakukan pembangunan di negeri ini. "Menyala kake kuh, Presiden terbaik," puji @najibajibb. "Pak Jokowi keriputnya makin kelihatan. Terima kasih Pak untuk 10 tahun ini. I love you Pakde, panjang umur ya Pak," tutur @mrsusii.

"Terima kasih Bapak Joko Widodo, aku bangga pada pengorbanan dan jeri payah engkau membangun negeri ini walaupun banyak cobaan, cacian, dan hinaan," sahut @silva_ms96.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.