Dark/Light Mode

Pilpres Selesai, Saatnya Bersatu

Selasa, 23 April 2024 08:10 WIB
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: X/Airlangga Hartarto)
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: X/Airlangga Hartarto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pilpres dipastikan telah selesai setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Kini, semua pihak diajak kembali bersatu dan mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang telah sah jadi presiden terpilih dan wakil presiden terpilih.

Ajakan pertama datang dari Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

“Mari kita kembali merajut persatuan, waktunya untuk bekerja bersama-sama untuk Indonesia Maju dan Sejahtera,” kata Airlangga, di Jakarta, Senin (22/4/2024).

Baca juga : Anak SYL Beli Skincare Pakai Duit Kementan

Dia mengatakan, Golkar menghormati keputusan MK terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang telah diputuskan pada Senin (22/4/2024). Selain itu, menurut dia, partainya menghargai semua proses persidangan PHPU yang selama ini berjalan secara transparan. “Partai Golkar menghormati keputusan MK, menghargai proses yang telah berjalan secara terbuka dan transparan,” ujarnya.

Airlangga secara khusus mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.

Ajakan serupa disampaikan pihak Istana. “Pilpres sudah selesai. Saatnya bersatu kembali untuk bekerja bersama mewujudkan Indonesia yang lebih baik, yang makin maju,” seru Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, Senin (22/4/2024).

Baca juga : Nyesek, Bawang Merah Cuma Serawuk Dihargai Rp 11 Ribu

Lebih lanjut, kata Ari, Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin berjanji akan segera menyiapkan dan mendukung penuh proses transisi pemerintahan kepada Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih. “Pemerintah tetap berkomitmen untuk menyelesaikan seluruh program kerja Pemerintah yang telah dicanangkan, hingga akhir masa pemerintahan pada Oktober 2024 nanti,” paparnya.

Wakil Presiden, Ma’ruf Amin juga mengimbau, kepada masyarakat dan seluruh pihak terkait, khususnya yang bersengketa dan para pendukungnya, untuk menghormati dan menerima apapun hasil yang diputuskan MK nanti.

“Sidang MK adalah bagian dari mekanisme penyelesaian sengketa yang sah usai pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2024,” sebut Wapres seperti disampaikan Jubir Wapres Masduki Baidlowi, dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (22/4/2024).

Baca juga : Normalisasi Ciliwung Kok Masih Mangkrak

Menurutnya, MK juga telah melakukan pelibatan publik untuk berpendapat, melalui amicus curiae atau sahabat pengadilan, yang sudah disambut oleh para tokoh bangsa dan kaum cerdik pandai. Dengan demikian putusan MK legitimate.

Kepada segenap bangsa Indonesia, Wapres meminta, untuk terus menjaga kerukunan dan persatuan demi Indonesia yang lebih maju dan sejahtera. “Sebab, kerukunan dan persatuan merupakan prasyarat utama suatu bangsa agar terus dapat bergerak untuk meraih kemajuan,” tegas dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.