Dark/Light Mode

Mundur dari Alibaba, Jack Ma Malah Makin Tajir

Kamis, 7 November 2019 15:32 WIB
Jack Ma (Foto: CNBC LLC)
Jack Ma (Foto: CNBC LLC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendiri grup Alibaba, Jack Ma, kembali bertengger di posisi wahid orang terkaya di China versi Majalah Forbes China. Ini adalah kali kedua Jack Ma menduduki posisi tersebut setelah sebelumnya pada 2018.

Kekayaan pebisnis yang memutuskan pensiun dari Alibaba Group pada September lalu dilaporkan mengalami kenaikan menjadi 38,2 miliar dolar AS (Rp 535 triliun) pada 2019, dari 34,6 miliar dolar AS (Rp 486 triliun) pada 2018. "Pertumbuhan ekonomi China mungkin melambat, tetapi pengusaha yang cerdas di negara itu terus menemukan cara untuk menciptakan bisnis dan kekayaan baru," ujar kepala editor Forbes China Russell Flannery seperti dilansir dari MSN.com.

Baca juga : Menteri Agama: Larangan Cadar Masih Dikaji

Bukan hanya Ma yang makin tajir. Total kekayaan 400 orang di daftar orang China paling kaya versi Forbes tahun ini juga tercatat meningkat.

Di posisi kedua orang terkaya di China ditempati Ma Huateng dari Tencent Holdings. CEO dan pendiri raksasa teknologi ini memiliki kekayaan bersih mencapai 36 miliar dolar AS (Rp 504 triliun).

Baca juga : Juara di Australia, Marquez Nggak Punya Lawan

Ma Huateng, yang juga dikenal dengan nama Pony Ma, memimpin Tencent yang menjadi salah satu dari perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar. Tencent adalah pemilik aplikasi pesan singkat WeChat yang memiliki lebih dari satu miliar pengguna.

Orang terkaya ketiga di Negeri Tirai Bambu adalah Hui Ka Yan, chairman Evergrande Group-salah satu pengembang real estat terbesar di negeri tersebut. Kekayaan bersih Hui senilai 27,7 miliar dolar AS (Rp 388 triliun).

Baca juga : Tak Diundang Ke Hari Santri, Menag Tak Sakit Hati

Hanya mereka yang memiliki kekayaan bersih minimal 1 miliar dolar AS (Rp 14 triliun) yang dapat masuk dalam daftar orang terkaya versi Forbes. Pada tahun ini, sebanyak 60 miliuner baru masuk ke dalam daftar itu. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.