Dark/Light Mode

World Brewers Cup 2024

Kopi Ekselsa Asal Sumedang Curi Perhatian Dunia Internasional

Kamis, 16 Mei 2024 16:35 WIB
Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin (tengah) saat bertemu brewer Ryan Wibawa  (kanan) yang memperkenalkan kopi ekselsa Sumedang kepada dunia internasional di Gedung Sate Bandung.
Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin (tengah) saat bertemu brewer Ryan Wibawa (kanan) yang memperkenalkan kopi ekselsa Sumedang kepada dunia internasional di Gedung Sate Bandung.

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat Gubernur Bey Machmudin bangga kopi ekselsa asal Sumedang berhasil mencuri perhatian dunia internasional pada ajang World Brewers Cup 2024.

World Brewers Cup 2024 digelar di Chicago, Amerika Serikat, pada 12 - 14 April oleh World Coffe Events, event management berbasis di Dublin, Irlandia.

Brewer asal Jabar Ryan Wibawa berhasil menjadi juara ketiga. Ryan mengungguli tiga brewer lain dari Australia, Prancis, dan Republik Ceko yang menempati peringkat keempat, kelima, dan keenam. Ryan hanya kalah dari brewer asal Jepang di tempat kedua dan Austria di tempat pertama.

Kopi ekselsa merupakan jenis kopi dengan karakteristik tersendiri yang berbeda dengan arabika maupun robusta.

Atas pencapaian kopi ekselsa Sumedang, Bey Machmudin mengundang secara khusus Ryan Wibawa dan timnya ke Gedung Sate, Kamis (16/5/2024).

Baca juga : Ini PR Pelatih Asal Jepang Tangani Timnas Wanita Indonesia

"Mereka saya undang, karena kopi ekselsa dari Sumedang ini yang membawa Ryan menjadi juara tiga pada kejuaraan dunia," ujar Bey.

Dalam pertemuan yang berlangsung santai tersebut, Bey mengajak Ryan dan pelaku kopi ekselsa di Sumedang untuk mengembangkan kopi jenis baru ini bersama Dinas Perkebunan Jawa Barat.

"Turut membanggakan, Jabar memiliki banyak sekali kopi dan mereka siap membantu memopulerkan dan menjelaskan kepada publik. Disbun (Dinas Perkebunan) pun siap," kata Bey.

"Kita tidak hanya punya kopi, tapi ada juga teh, tebu, dan delapan produk kebun unggulan lainnya," tambah Bey.

Bey berkomitmen akan berusaha mengembangkan setiap produk unggulan perkebunan agar dapat dikenalkan pada dunia internasional.

Baca juga : Mpok Sylvi Janji Berjuang Bawa Muaythai DKI Maju Di Kancah Internasional

"Satu - satu kita coba kembangkan, supaya menjadi kelas dunia, dan menjadi potensi (ekonomi) juga untuk kita," katanya.

Ryan Wibawa menceritakan pengalamannya selama ikut kompetisi, bahwa ternyata dunia internasional masih banyak yang belum mengetahui jenis kopi ekselsa.

"Kopi ekselsa ini tidak hanya baru untuk kita, kemarin saat di Chicago banyak teman - teman kopi (brewer) negara lain belum pernah mencoba, jadi cukup menaik sebenarnya," cetus Ryan.

"Ini bisa jadi satu diversity (keragaman) kopi itu sendiri, tapi berasal dari Jabar," tambahnya.

Dia menjelaskan, kopi ekselsa memiliki karakteristik tersendiri, yakni aroma khas buah - buahan, cokelat dan rempah dengan rasa dominan yang manis tetapi bukan manis dengan gula.

Baca juga : Sampoerna University Perkenalkan Integrasi AI Dalam Pendidikan

"Kopi ekselsa ini punya karakteristik rasa yang dominan manis seperti sugarcane (tebu) kalau saya bilang, dan ekselsa ini bisa men- support kopi lainnya. Saya coba di kompetisi tersebut," jelas Ryan.

Saat kompetisi, Ryan mencoba menggabungkan kopi ekselsa dengan kopi dari Panama dan Kolombia.

"Saya coba gabungkan tiga kopi berbeda dan menyampaikan pesan spirit negara yakni Bhineka Tunggal Ika. Tiga kopi itu disatukan dengan experience yang berbeda," ucapnya.

Merespons tawaran Penjabat Gubernur, Ryan siap berkolaborasi dalam upaya memperkenalkan kopi ekselsa kepada khalayak secara lebih luas lagi.

"Harapannya tentu apa yang saya capai kemarin di Chicago bisa memberikan dampak yang positif tidak hanya saya sendiri tapi juga untuk teman - teman semua di Jabar," katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.