Dark/Light Mode

Pemerintah Target Ekonomi Tumbuh Di Atas 5 Persen Tahun 2025

Kinerja Manufaktur Kudu Lari Kencang

Minggu, 26 Mei 2024 07:10 WIB
Menteri Keuangan(Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.
Menteri Keuangan(Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

 Sebelumnya 
Direktur Eksekutif Center of Law and Economic Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, sangat berat merealisasikan target pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen di 2025.

“Di tengah tekanan ekspor, pelemahan kurs hingga suku bunga tinggi, target pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen sangatlah berat. Apalagi, motor utama pertumbuhan masih bergantung ke konsumsi rumah tangga, sedangkan industri manufaktur kita masih lemah,” kata Bhima kepada Rakyat Merdeka, Jumat (24/5/2024).

Menurut dia, agar ekonomi bisa tumbuh di atas 5 persen tahun depan, Pemerintahan Prabowo harus mampu meningkatkan kinerja sektor manufaktur.

Baca juga : Pertamina Go Global

“Motor pertumbuhan ini harus bisa lari kencang, karena tidak ada negara yang ekonominya bisa tumbuh tinggi kalau kinerja manufakturnya tidak kuat,” katanya.

Selain itu, Bhima juga mengimbau agar Pemerintah bisa menjaga konsumsi domestik. Kebijakan fiskal juga harus didesain dengan akomodatif, utamanya untuk kelas menengah.

“Investasi domestik atau Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) harus ditingkatkan, belanja Pemerintah juga harus berkualitas,” tegasnya.

Baca juga : Rumah Dinas Camat Dan Lurah Jadi Sarang Tikus

Sementara, ekonom senior Raden Pardede menilai, target pertumbuhan ekonomi hingga 5,5 persen tahun depan bisa dicapai oleh Pemerintahan Prabowo, asal kabinet baru nantinya bekerja dengan sangat keras.

“Artinya, target tersebut relatif ada tantangan, tapi bukan jadi tidak realistis. Makanya agar seimbang, yang dipilih Pemerintah ya di rentang 5,1-5,5 persen,” kata Raden di Jakarta, Selasa (21/5/2024).

Untuk mengejar pertumbuhan ekonomi lebih tinggi, lanjut Raden, sektor investasi, produktivitas dan efisiensi di berbagai lini harus segera ditingkatkan oleh Pemerintahan Prabowo.

Baca juga : Atalanta Vs Torino, Misi Amankan Liga Champions

“Pemerintah baru juga perlu melakukan penyesuaian anggaran prioritas, sehingga ada peningkatan produktivitas pada sektor yang cukup besar mempengaruhi pertumbuhan ekonomi,” tegas Raden yang juga Tim Asistensi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu. NOV

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 7, edisi Minggu, 26 Mei 2024 dengan judul "Pemerintah Target Ekonomi Tumbuh Di Atas 5 Persen Tahun 2025, Kinerja Manufaktur Kudu Lari Kencang"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.