Dark/Light Mode

AP I Dan AP II Gabung InJourney Airports

Indonesia Bakal Jadi Top Operator Bandara Dunia

Jumat, 31 Mei 2024 07:05 WIB
ILUSTRASI. Jajaran Direksi InJourney, InJourney Airports, AP 1 Dan AP 2. Foto: Dok. Angkasa Pura I
ILUSTRASI. Jajaran Direksi InJourney, InJourney Airports, AP 1 Dan AP 2. Foto: Dok. Angkasa Pura I

 Sebelumnya 
InJourney Airports merupakan perusahaan milik Pemerintah, yang saham mayoritasnya dimiliki oleh PT Aviasi Pariwisata In­donesia (Persero) atau InJourney selaku induk holding, sebanyak 99,99 persen.

Sisa sahamnya dimiliki lang­sung oleh negara dan BUMN (Badan Usaha Milik Negara), yaitu PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko.

Terpisah, pengamat penerbangan independen Gatot Rahardjo menyambut positif realisasi penggabungan kedua operator bandara tersebut. Sebab, dengan pengelolaan yang terintegrasi di­harapkan mampu meningkatkan konektivitas penerbangan dari barat hingga ke timur Indonesia.

Baca juga : Menperin Rayu Perusahaan Kosmetik Investasi Di Sini

“Dengan kian membaiknya konektivitas penerbangan ini, dampaknya juga akan dirasakan positif bagi perkembangan bis­nis maskapai dalam negeri,” ujarnya kepada Rakyat Merdeka, Kamis (30/5/2024).

Sebab, lanjut Gatot, jaringan penerbangan di Indonesia tidak lagi terputus-putus antara wilayah barat dan timur Indonesia. Dengan begitu, Pemerintah maupun operator dan maskapai penerbangan bisa kian fokus mengopti­malkan trafik penerbangan dari dan menuju ke luar negeri.

“Kalau proses integrasi ini sudah semakin smooth, apalagi nantinya diterapkan pola Hub and Spoke, maka pertumbuhan industri penerbangan akan makin positif,” katanya.

Baca juga : Jakarta Mimpi Jadi Kota Yang Tangguh Bencana

Dengan bergabungnya AP I dan AP II, maka tinggal menung­gu masuknya Garuda Indonesia ke dalam holding InJourney.

“Semoga, adanya holding InJourney ini mampu membuat kinerja masing-masing perusa­haan di dalamnya tumbuh posi­tif, bukan sebaliknya,” harapnya.

Dia pun optimistis, industri penerbangan di Indonesia ma­sih menjanjikan karena memi­liki pangsa pasar yang besar. Mengingat Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dan wilayah kepulauan.

Baca juga : Real Madrid Vs Borussia Dortmund, Sejarah Baru Jawara Benua Biru

Karenanya, untuk menjang­kau daerah-daerah tersebut, dibutuhkan jaringan penerbangan yang terintegrasi untuk membuat masyarakat kian mu­dah mengaksesnya.

“Bisa dibayangkan, jumlah pasar yang besar itu harus diim­bangi dengan menjaga standar sekaligus meningkatkan mutu layanan penerbangan ke depan­nya,” tukasnya. IMA

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 9, edisi Jumat, 31 Mei 2024 dengan judul "AP I Dan AP II Gabung InJourney Airports Indonesia Bakal Jadi Top Operator Bandara Dunia"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.