Dark/Light Mode

Kisah Haru Seorang Kakek Di Balik Gerobak Cahaya YBM PLN

Sabtu, 29 Juni 2024 11:59 WIB
Yayasan Baitul Maal PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) tak pernah berhenti untuk terus berbagi dengan masyarakat yang membutuhkan. (Foto: Istimewa)
Yayasan Baitul Maal PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) tak pernah berhenti untuk terus berbagi dengan masyarakat yang membutuhkan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Yayasan Baitul Maal (YBM) PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) tak pernah berhenti untuk terus berbagi dengan masyarakat yang membutuhkan.

Kali ini, YBM PLN UIP JBB memberikan bantuan berupa gerobak usaha kepada salah satu pedagang, yang kesehariannya menjajakan berbagai olahan gorengan dan minuman es di sekitar Jalan Sungai Landak, tepatnya di kolong Jembatan Akses Marunda, Jakarta Utara.

Bapak Tarsan, begitulah orang di sekitar menyapanya, di usianya yang sudah menginjak 70 tahun beliau masih semangat untuk berjualan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Setiap hari, ia mendorong gerobak usang miliknya ke tempat biasa berjualan yang berjarak 100 meter dari rumahnya.

Baca juga : Lewat Program Gerobak Cahaya, Bantuan YBM PLN Dongkrak Omset Pelaku Usaha Kecil

Asa pun bersambut, Irma Novalia selaku perwakilan dari YBM PLN UIP JBB secara langsung memberikan gerobak usaha yang diberi nama “Gerobak Cahaya” kepada Tarsan.

Selain Gerobak Cahaya, YBM PLN UIP JBB juga memberikan tambahan modal untuk pengembangan usaha. Ia berharap, bantuan yang diberikan dapat membantu para mustahik untuk lebih berdaya.

"Semoga bantuan ini membawa keberkahan, usaha Pak Tarsan semakin berkembang dan laris sehingga dapat meningkatkan ekonomi dan memenuhi kebutuhan rumah tangga dan biaya sekolah untuk kedua cucunya," harap Irma.

Dengan penuh haru, Tarsan terus mengucap syukur atas bantuan yang diberikan.

Baca juga : PDIP Kerahkan 10 Petahana

“Alhamdulillah, terima kasih atas bantuan berupa gerobak dan juga modal yang diberikan untuk berjualan. Selama ini, saya sekeluarga menggantungkan hidup hanya dari hasil berjualan," ucapnya

"Dalam sehari biasanya ada untung sekitar Rp 35.000, itu harus cukup dibagi untuk modal berjualan esok, kebutuhan sehari-hari dan disisihkan untuk biaya sekolah kedua cucu saya,” isak Tarsan, dalam keterangannya, Jumat (28/6/2024).

Terpisah, General Manager PLN UIP JBB, Defiar Anis menerangkan, YBM PLN merupakan lembaga amil zakat di lingkungan PLN yang bertugas mengelola dana zakat dari para pegawai muslim PLN untuk disalurkan kepada berbagai mustahik dalam berbagai bentuk bantuan maupun program.

“Program Gerobak Cahaya merupakan salah satu kegiatan YBM, yang bertujuan untuk mendukung peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dhuafa lewat pemberdayaan ekonomi,” terang Anis.

Baca juga : Siap Lawan Hoaks dan Ciptakan Pilkada Damai, Ini Gerakan dari Para Pemuda

Ia menambahkan, program YBM PLN UIP JBB tidak terbatas hanya di bidang ekonomi, tetapi juga memberikan bantuan sosial, pendidikan, kesehatan dan dakwah bagi masyarakat.

"Dalam pelaksanaannya, kami melakukan seleksi agar bantuan yang diberikan tepat sasaran sesuai asnaf penerima zakat,” pungkas Anis.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.