Dark/Light Mode

Layani Pelancong Nataru

Pelni Buka Rute Padang Sibolga dan Gunung Sitoli

Sabtu, 7 Desember 2019 10:50 WIB
Kapal Pelni. (Foto: Twitter@pelni162
Kapal Pelni. (Foto: Twitter@pelni162

RM.id  Rakyat Merdeka - Melonjaknya jumlah penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), membuat rute kapal berubah. Khusus selama libur Nataru, Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) membuka rute baru untuk tujuan Padang, Sibolga, dan Gunung Sitoli.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Yahya Kuncoro menjelaskan, satu rute ke Sumatera Barat (Sumbar), dan dua ke Sumatera Utara (Sumut). Rute ini akan dilayani KM Lawit yang biasanya beroperasi ke Tanjung Pandang, Pontianak, Semarang, Kumai, Karimun Jawa.

Yahya mengungkapkan, setiap libur Nataru, banyak masyarakat Sumbar dan Sumut di pesisir selatan Pulau Sumatera yang mudik. Alasan ini yang memutuskan perseroan untuk mengalihkan rute satu kapalnya.

Baca juga : BGS Paling Tajir, Ahok Tengah-tengah

“Pelayanan ini sudah rutin setiap tahun. Termasuk libur Natal dan Tahun Baru kali ini. Kami juga buka rute ke Padang. Kapal akan berangkat dua kali sebelum Natal dan setelah Tahun Baru,” jelas Yahya di Jakarta, kemarin.

Sekadar informasi, KM Lawit akan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok pada Kamis (19/12) jam 7 malam. Tiba di Padang pada Minggu (22/12) sekitar jam 8 pagi. Kemudian berangkat lagi jam 11 siang menuju Sibolga dan tiba Senin pagi jam 10.

Lalu berangkat lagi jam 12 siang menuju Gunung Sitoli, dan sampai jam malam di hari yang sama. Setelah mengantarkan penumpang ke Gunung Sitoli, KM Lawit kembali berlayar ke Tanjung Priok, Jakarta Senin (23/12) jam 11 malam. Singgah di Padang Selasa (24/12) jam 11 malam, dan berangkat Rabu (25/12) dini hari jam 02.00. Dengan begitu kapal akan tiba di Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (27/12) jam 3 sore atau pukul 15.00.

Baca juga : Genjot Layanan, OVO Buka Peluang Kerja Sama dengan Berbagai Pihak

Perjalanan Jakarta-Padang-Sibolga-Gunung Sitoli via laut sekitar tiga hari. Setelah deviasi ke Padang kapal kembali ke rute awal,” terang Yahya.

Keberangkatan kedua, setelah Tahun Baru 2020. KM Lawit akan berlayar dari Tanjung Priok tanggal 1 Januari jam 3 sore menuju Padang, Sibolga dan Gunung Sitoli. Untuk kembalinya dari Gunung Sitoli rencana tanggal 6 Januari 2020 jam 11 malam.

Harga tiket KM Lawit untuk pelayaran dari Tanjung Priok, Jakarta ke Padang seharga Rp 285 ribu, Sibolga Rp 398 ribu, dan Gunung Sitoli Rp 402 ribu. “Harga tiket kapal sudah termasuk makan tiga kali sehari, asuransi, dan pass pelabuhan,” kata Yahya.

Baca juga : KPK Siap Serahkan Penanganan Kasus di Bawah Rp 1 Miliar ke Kejagung dan Polri

Untuk diketahui, pemesanan tiket ke Padang, Sibolga, dan Gunung Sitoli sudah dibuka. Pelanggan dapat memesan tiket melalui aplikasi Pelni Mobile pada smartphone, website Pelni, melalui gerai Alfamart dan Indomaret, agen penjualan tiket, atau datang ke loket penjualan tiket di kantor Pusat Pelni Jakarta. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.