Dark/Light Mode

Dikenal Bersih, Amien Sunaryadi Siap Pelototi Manajemen dan Keuangan PLN

Senin, 23 Desember 2019 15:37 WIB
Amien Sunaryadi (Foto: Instagram)
Amien Sunaryadi (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pukul 4 sore ini, Menteri BUMN Erick Thohir akan mendaulat Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama (Komut) PT PLN (Persero).

Terpilihnya Amien tentunya bukan tanpa alasan. Mantan Wakil Ketua KPK periode 2003-2007 ini dikenal bersih dan berintegritas.

"Baik Pak Amien maupun Pak Zulkifli memiliki rekam jejak yang sangat baik, siap berkeringat dan berakhlak. Sama dengan Dirut dan Komut BUMN lainnya. Saya akan intens bertemu secara reguler setiap bulan, untuk memastikan berbagai rencana besar yang menjadi prioritas pemerintah,“ kata Erick Thohir dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/12).

Baca juga : Eks Dirut Mandiri Zulkifli Zaini Bakal Jadi Orang Nomor Satu di PLN

Selama jabatannya, Amien dinilai sukses memperkenalkan pemberantasan korupsi yang progresif, dan menjadi konseptor dari tindakan penggeledahan dan surveillance, yang dilakukan oleh KPK untuk mengungkap kasus korupsi high profile.

Selain itu, Amien yang merupakan jebolan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dan meraih gelar Master of Professional Accountancy (MPA) dari School of Accountancy pada College of Business Administration, Georgia State University, Atlanta juga dikenal sebagai ahli keuangan, dan punya jam terbang tinggi di bidang pengawasan.

Dia pernah menjabat Kepala Sub Direktorat Pengawasan Khusus Kelancaran Pembangunan pada Deputi Bidang Pengawasan Khusus Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Baca juga : Dipastikan Waskita, Tol Japek II Sesuai Standar Keselamatan dan Keamanan

Setelah mengabdi di KPK, Amien yang lahir di Malang pada 23 Januari 1960 melanjutkan kariernya sebagai Senior Governance and Anti-Corruption Officer di World Bank Indonesia.

Pada Agustus 2012, Amien bergabung dengan Ernst & Young Indonesia di divisi Fraud Investigation & Dispute Services (FIDS) sebagai Partner.

Kemudian, pada 21 November 2014, Amien secara resmi dilantik sebagai Kepala SKK Migas oleh Menteri ESDM Sudirman Said.

Baca juga : Tanggap Bencana Banjir Bandang di Sigi, Pertamina Salurkan Bantuan

Setelah pensiun dari SKK Migas pada 18 November 2018, Amien menjabat sebagai Wakil Komut PT Freeport Indonesia.

Dan kini, Amien siap mengawal PLN menjadi BUMN yang sehat dan bersih dari praktik rasuah. Amien akan memelototi manajemen dan keuangan PLN, agar BUMN setrum itu tak kembali jatuh pada lubang yang sama: korupsi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.