Dark/Light Mode

Didukung Teknologi Canggih, Matras Zees Penuhi Kebutuhan Konsumen Lokal

Sabtu, 15 Februari 2020 10:27 WIB
Sutarjo Osman (kiri) Managing Director PT Zeesindo International (tengah) saat temu media di Senayan City, Jumat (14/2). (Foto: Istimewa)
Sutarjo Osman (kiri) Managing Director PT Zeesindo International (tengah) saat temu media di Senayan City, Jumat (14/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kenikmatan tidur di sejumlah hotel bintang lima sering dikiaskan sebagai kenikmatan tidur yang paripurna. Namun tak banyak yang tahu bahwa dibalik kenikmatan tidur itu, merek-merek matras bersaing agar dipilih oleh jaringan hotel nasional dan internasional.

Di antara sejumlah merek matras yang sudah mapan, terselip merek matras buatan dalam Negeri, Zees. Merek ini sudah mendapat tempat di jaringan hotel nasional dan international.

Tahun lalu saja, ekspor matrasnya untuk memenuhi kenikmatan tidur tamu hotel mancanegera, tembus USD 1 juta. Pada 2019, Zees telah mengekspor matras dan produk-produk lain yang berkaitan dengan tempat tidur, seperti bantal, seprai, duvet, cover, dan mattres protector ke Malaysia, Uni Emirat Arab, Singapura, Maladewa, dan Sri Lanka.

"Nilai ekspor ini belum besar tapi kami bangga bisa bersaing dengan merek-merek international yang sudah mapan. Dalam lima tahun ini kami sudah memasok matras dan pernak-perniknya ke 350 hotel di Indonesia dan luar Negeri.

Baca juga : Perajin Cangkul Klaten Siap Penuhi Kebutuhan Dalam Negeri

Kami juga kerja sama pengan Accor, jadi seperti Accor memberi persetujuan untuk kami suplai ke Hotel mana saja, seperti Mercure, Pullman, Ibis atau Marriot," kata Sutarjo Osman, Managing Director PT Zeesindo International, kepada media di Senayan, Jakarta, Jumat (14/2).

Produk Zees bisa dinikmati di hotel-hotel mentereng seperti J.W. Marriott Jakarta, Sheraton Kuala Lumpur, Sofitel Nusa Dua Bali, dan Priva Living Dubai. PT Zeesindo International didirikan oleh tim yang sudah bergelut didunia bedding selama 15-20 tahun.

Meski begitu, Zees juga bisa dinikmati dengan lebih mudah lantaran harganya yang sangat terjangkau dibandingkan merek-merek lain yang harganya melambung.

"Sebenarnya banyak sekali merek di pasaran ini yang sebenarnya sangat tinggi mematok harga. Tapi kami dengan bahan baku yang sama sebenarnya tak perlu terlalu mahal.

Baca juga : Sidang Kasus Meikarta, Waras Akui Setor Uang ke Iwa

Teknologi kasur itu juga kan tak terlalu rumit, jadi tak perlu lah kita patok harga terlalu tinggi," lanjut Sutarjo.

Perusahan yang mempunyai pabrik di Tangerang ini memfokuskan diri pada matras dan kebutuhan tempat tidurnya untuk hotel. Meski begitu, konsumen dapat membeli produk-produk Zees secara online, dan di beberapa outlet.

 "Memang selama ini fokus kami masih pada B-2-B. Pasar utama kami adalah hotel atau furnished apartment. Namun, produk kami bisa juga dibeli oleh konsumen individual secara online melalui website kami atau official store kami di marketplace Tokopedia, Bibli com, Lazada, Shopee dan lainnya.

Di Bali kami juga punya satu toko sehingga para developer atau owner hotel bisa melihat langsung produk kami. Ke depan kami merencanakan memperkuat penjualan retail kami," jelas Sutarjo.

Baca juga : IMF Kembali Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global di 2020

Produk Zees, lanjut Sutarjo, dinikmati pasar internasional dan kini ingin dipersembahkan ke konsumen lokal, karena sukses memadukan kualitas dan harga yang bersaing.

Kualitas itu didapat dari produsen bahan baku internasional yang telah membuka pabrik di Indonesia, seperti kain rajut dan lateks dari Belgia, lem dari Jerman, dan benang dari Inggris.[WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.