Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bukopin Ajak Pelaku Usaha Berbisnis Lewat Mini ATM dan Agen B-Tunai

Minggu, 8 Maret 2020 22:46 WIB
Pembukaan sosialisasi Laku Pandai Bank Bukopin, di Makassar, Sulsel. (Foto: Humas Bukopin)
Pembukaan sosialisasi Laku Pandai Bank Bukopin, di Makassar, Sulsel. (Foto: Humas Bukopin)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Bukopin menggelar kegiatan edukasi Laku Pandai kepada individu dan badan usaha seperti pelaku usaha bisnis, swamitra, dan beberapa koperasi di bawah naungan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Wilayah Sulawesi Selatan. Kegiatan edukasi tersebut dikemas berupa workshop bertajuk Cerdik Menangkap Peluang Bisnis dengan Mini ATM Bukopin dan B-Tunai di Makassar, yang digelar 4-6 Maret 2020.

Branch Manager Bank Bukopin Makassar, Akhmad Yogi Wirawan, menjelaskan, dalam kegiatan tersebut, pihaknya melakukan edukasi dan sharing strategi bisnis dalam menjalankan bisnis sebagai pengelola Mini ATM Bukopin dan Agen B-Tunai. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi salah satu media bagi Perseroan untuk memberikan edukasi dalam menyampaikan informasi seputar produk Mini ATM Bukopin. "Sehingga masyarakat dapat lebih mengerti bagaimana cara memanfaatkan layanan Mini ATM Bukopin secara optimal," ucapnya, dalam keterangam resminya, di Jakarta, Minggu (8/3).

Sehingga, lanjut Yogi, secara umum dapat meningkatkan jumlah nasabah baru yang pada akhirnya dapat menarik minat masyarakat untuk ikut memanfaatkan fasilitas ataupun menjadi pengelola Mini ATM. “Kami yakin kegiatan edukasi tersebut cukup efektif untuk memperkenalkan produk Mini ATM di Makassar," ujarnya.

Baca juga : Puskepi: Tiket Pesawat Mahal Bukan Karena Avtur

Apalagi pihak bank turun langsung melakukan sosialisasi dan edukasi sehingga ada rasa percaya dari para pengelola untuk memasarkan produk Mini ATM khususnya di daerah tempat tinggalnya. "Potensi masyarakat pengguna mini ATM pun dirasa sangat tinggi, beberapa kebutuhan masyarakat bisa terkomodir melalui layanan ini,” ujar Yogi. 

Ia menambahkan, dengan melakukan edukasi tentang Mini ATM, Bank Bukopin berharap dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan beragam transaksi keuangan di Makassar.

Mini ATM Bukopin merupakan salah satu produk unggulan Bank Bukopin yang dirancang dengan mekanisme bisnis sharing untuk pengelolanya, yang fungsi layanannya sama dengan mesin ATM biasa. Di antaranya dapat melakukan transaksi perbankan seperti Tarik Tunai, Cek Saldo, Overbooking, dan Transfer Antar Bank, Transaksi Pembayaran seperti PLN, PDAM, Telepon, Telepon Seluler, Multifinance, Samolnas, Bukopin Finance dan fitur lainnya serta transaksi pembelian seperti Pulsa Seluler, Listrik Prabayar.

Baca juga : Omnibus Law Bikin Pendapatan Negara Susut Rp 86 Triliun

Mesin EDC Mini ATM Bukopin sudah dapat melakukan pembayaran pajak Samolnas (Samsat Online nasional) di 27 propinsi di Indonesia, antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tenggara, Sumatera Utara, Riau, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, NTT, NTB, Bandar Lampung, Nagari, Aceh, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan dan Babel.

Yogi membeberkan, para pelaku bisnis dari Mini ATM Bukopin disebut sebagai pengelola mini ATM yang menyediakan mesin EDC bagi masyarakat yang ingin melakukan transaksi perbankan kapanpun dan di manapun tanpa harus ke bank.

Para pengelola Mini ATM dan agen b-tunai yang mengikuti kegiatan edukasi dan sosialisasi tersebut, memiliki latar belakang sebagai masyarakat yang sebelumnya sudah memiliki usaha seperti warung kelontong, agen pulsa ponsel, dan payment point yang berdomisili di daerah yang memiliki potensi untuk memasarkan tabungan rakyat.

Baca juga : Wamendag Ajak Pengusaha Norwegia Kerek Perdagangan dan Investasi

Dalam menjalankan bisnisnya kata Yogi, pengelola Mini ATM akan mendapatkan sharing fee dari Bank Bukopin. Pengelola Mini ATM diberikan gambaran dan strategi pemasaran bagaimana bisnis ini dapat dioptimalkan dan menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. "Saat ini sebanyak 1.019 unit Mini ATM Bukopin sudah tersebar di seluruh cabang Bank Bukopin di seluruh Indonesia," sebutnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.