Dark/Light Mode

Patuhi PSBB, Aplikator Matiin Layanan Antar Penumpang

Jumat, 10 April 2020 14:42 WIB
Fitur GoRide diaplikasi Gojek dihilangkan selama PSBB. (Foto: ist)
Fitur GoRide diaplikasi Gojek dihilangkan selama PSBB. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua aplikator ojek online (ojol) Gojek dan Grab menghentikan sementara fitur pengantaran penumpang di Jabodetabek selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Chief of Corporate Affairs Gojek, Nila Marita mengatakan, kebijakan ini dilakukan untuk mematuhi kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. "Kami mematuhi keputusan pemerintah DKI Jakarta terkait penerapan PSBB dan kami berharap langkah ini dapat mencegah penyebaran Covid-19,” katanya dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (10/4).

Baca juga : Jakarta Terapkan PSBB, Atlet Badminton Lebih Aman Tetap di Pelatnas Cipayung

Namun, kata Nila, layanan transportasi roda empat GoCar dan GoBlueBird masih tersedia dengan maksimal jumlah penumpang 2 orang agar physical distancing bisa tetap terjaga.

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi melakukan, hal yang sama menghentikan sementara layanan GrabBike. Tapi berbagai layanan Grab seperti pengiriman makanan, pengiriman barang, GrabMart dan GrabCar masih tetap beroperasi. 

Baca juga : Formula E, Jakarta Masih Punya Peluang

"Kami telah menonaktifkan sementara layanan GrabBike di DKI Jakarta untuk mendukung PSBB yang telah ditetapkan,” katanya.

Neneng menilai, layanan GrabBike masih dapat melayani penumpang di kota-kota sekitar DKI Jakarta seperti Depok, Tangerang dan Bekasi serta kota-kota lainnya di Indonesia. Sementara untuk meminimalisir penyebaran virus corona bagi mitra pengemudi Grabcar, Neneng menganjurkan para penumpang menggunakan metode pembayaran non tunai guna meminimalisasi kontak fisik.

Baca juga : Rentan Pencurian Data, Aplikasi Zoom Meeting Paling Nggak Disarankan Untuk WFH

Selain itu, Grab juga menganjurkan penumpang untuk selalu memakai masker saat mereka berada di luar rumah. Grab juga menyiapkan 1.000 armada khusus berupa mobil GrabCar yang dilengkapi dengan partisi plastic antara kursi pengemudi dan penumpang serta 1.000 GrabBike di seluruh Indonesia bagi tenaga medis agar mereka tetap bisa menjalankan tugas tanpa perlu khawatir kekurangan sarana mobilitas. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.