Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hyundai Pastikan Pembangunan Pabrik Tetap Lanjut

Sabtu, 18 April 2020 14:06 WIB
President of Hyundai Motor Asia Pasific Headquarters  Young Tack Lee (kanan) menyambut kunjungan Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. (Foto: ist)
President of Hyundai Motor Asia Pasific Headquarters Young Tack Lee (kanan) menyambut kunjungan Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) melanjutkan pembangunan pabrik di tengah pandemi corona (covid-19). Keputusan ini diambil setelah adanya koordinasi intensif dengan otoritas lokal dan nasional terkait. 

Hyundai meyakini bahwa proyek senilai 1,54 miliar dolar AS itu penting untuk mendorong dan memastikan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pembangunan pabrik tersebut juga akan berkontribusi pada pengembangan ekspor Indonesia dengan menjadi pemasok produk-produk Hyundai ke pasar utama di kawasan ASEAN lainnya.

Untuk mengawasi jalannya investasi, Bahlil Lahadalia, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bersama dengan beberapa anggota direksi, Sabtu (17/4) mengunjungi pabrik HMMI dan secara langsung mengamati perkembangan terbaru dari pembangunan pabrik. Hingga saat ini, proyek manufaktur telah mencapai kemajuan konstruksi dengan proses pembersihan lahan dan pekerjaan pemancangan yang telah selesai. 

Baca juga : Imbas Corona, Pendapatan Pajak Negara Anjlok 2,5%

Target saat ini dari proyek konstruksi pabrik adalah untuk merampungkan penyusunan kerangka baja dan melanjutkan ke langkah pengembangan selanjutnya. Hyundai memahami bahwa saat-saat ini merupakan situasi sulit yang dihadapi oleh Indonesia dan dunia.

Presiden Direktur PT. Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) YoonSeok Choi mengatakan, apa yang perusaha hadapi saat ini adalah situasi yang sangat menantang. Namun, kami terus mendukung masyarakat serta lingkungan di sekitar kami.

“Sekarang, lebih dari sebelumnya, adalah saat yang penting untuk menunjukkan solidaritas kami kepada Indonesia dengan terus mendorong dan mendukung ekonomi Indonesia untuk terus bergerak,” ujarnya.

Baca juga : Innalillahi, Mantan Perenang Nasional Lukman Niode Tutup Usia

Menurut dia, HMMI selalu memperhatikan keselamatan dan kesehatan karyawan sebagai hal yang utama. Karena itu, pihaknya menerapkan peraturan kebersihan yang lebih ketat dan secara aktif mendisinfeksi tempat mereka bekerja secara berkala. 

HMMI menghormati keputusan pemerintah dan telah berusaha keras untuk menerapkan aturan physical distancing yang ketat. “Kami berharap masa sulit ini akan segera berlalu bagi kita untuk dapat kembali lebih kuat,” tambah YoonSeok.

Hyundai memberlakukan langkah-langkah kebersihan dan physical distancing yang ketat di pintu masuk pabrik serta area kantor, termasuk dalam aktivitas pembangunan pabrik yang saat ini fokus dalam pengerjaan peralatan guna menghindari kontak manusia. Selain itu, Hyundai memberlakukan pemeriksaan kesehatan dan distribusi masker di area transit, pemantauan suhu untuk karyawan, serta membatasi akses personal di pintu masuk pabrik. 

Baca juga : KLHK Kembali Lepasliarkan Orangutan Jantan di Tanjung Puting

Peraturan kebersihan yang diterapkan secara lebih ketat di area kantor adalah dengan menerapkan physical distancing, meningkatkan frekuensi dan ketepatan upaya sanitasi. Contohnya termasuk sistem pembersihan berkala dan pemberian disinfektan.

Sebagai bagian dari tanggung jawabnya untuk memastikan karyawan merasa aman, Hyundai juga menyediakan fasilitas kesehatan berstandar, seperti kemitraan dengan rumah sakit terdekat untuk situasi darurat, penetapan pusat medis dengan tenaga medis yang siap siaga, ambulans di lokasi untuk situasi darurat, ruang karantina darurat, dan suplemen bergizi serta vitamin. Hyundai juga menjamin bahwa semua pedoman yang dibutuhkan telah dilaksanakan dengan optimal, dan tidak ada pekerja yang dipaksa untuk terus masuk ke pabrik jika mereka dalam kondisi tidak sehat. [DIT]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.