Dark/Light Mode

Ini Jurus-jurus BNI Agar UMKM Bertahan Di Tengah Covid-19

Selasa, 5 Mei 2020 20:45 WIB
Ilustrasi salah satu cabang BNI. (Foto: Dok. BNI)
Ilustrasi salah satu cabang BNI. (Foto: Dok. BNI)

 Sebelumnya 
Selanjutnya, untuk memastikan cashflow terjaga dengan sehat. Arus kas menjadi unsur paling penting dalam bisnis sehingga pemilik usaha harus mampu mengelola uang tunai secara optimal.

Bukan cuma itu, UMKM harus memahami perubahan perilaku konsumen. Konsumen tidak menghilang, yang terjadi adalah perubahan tempat dan perilaku.

Baca juga : Kunci Menang Lawan Covid-19

"UMKM harus me-review produknya termasuk customer profile. Dan menyesuaikan strategi customer relations dan kanal penjualan," jelasnya.

UMKM juga diminta mampu merencanakan ulang pendapatan dan memangkas anggaran biaya. Dalam konsisi pandemi Covid-19 ini harus berkolaborasi, kerja sama usaha hingga dapat meningkatkan efisiensi, berbagi beban kerja dan bahkan mendapatkan ide-ide baru.

Baca juga : Penghematan, Kunci Bandara Angkasa Pura II Tetap Beroperasi Optimal di Tengah Pandemi Covid-19

"Setelah langkah-langkah itu dilakukan, jurus pamungkas bagi UMKM dalam menghadapi wabah Covid-19 ini adalah sedekah, karena sedekah membuka pintu rejeki. Ketika semua melakukan social distancing, stay at home, go online, dari semua itu kita dapat temukan peluang didalamnya, sesungguhnya bersama kesulitan terdapat kemudahan,” imbuhnya.

Iko menuturkan, Covid-19 secara tidak langsung telah sanggup menurunkan angka penjualan akibat berkurangnya pelanggan, kesulitan pasokan bahan baku, menurunnya laba yang diperoleh, atau malah menderita kerugian.

Baca juga : Ini 4 Skenario Operasi PT MRT Jakarta Hadapi Covid-19

Akibat wabah ini, pelaku UMKM juga kesulitan membayar angsuran kredit (gagal bayar, atau tidak berproduksi/ tidak berusaha dalam waktu yang lama, hingga bertambahnya hutang).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.