Dark/Light Mode

Tantangan Dirut Baru PT KAI: Benahi Angkutan Logistik

Jumat, 8 Mei 2020 15:10 WIB
Angkutan logistik milik PT Kereta Api Indonesia. (Foto: Dok. Humas KAI)
Angkutan logistik milik PT Kereta Api Indonesia. (Foto: Dok. Humas KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Transportasi Universitas Soegijapranata Djoko Setijowarno menilai, penunjukkan Didiek Hartantyo sebagai Direktur Utama PT KAI sudah tepat. Sebab, dia sudah lama berkiprah sebelumnya sebagai Direktur Keuangan di perusahaan kereta api nasional itu. "Jadi, bukan tempat yang baru untuk mengembangkan PT KAI ke depan," ujar Djoko kepada RMco.id, Jumat (8/5).

Baca juga : Sukur Minta Kader PDIP Menangkan Pilkada Depok

Menurut dia, tantangan bagi Didiek adalah membenahi angkutan logistik PT KAI. Sebab, di masa pandemi virus corona (Covid-19) yang menelurkan kebijakan pelarangan mudik, jumlah penumpang kereta anjlok drastis. "Seperti halnya dengan angkutan umum yang lain, sudan pasti alami penurunan pengguna. Memang hanya bisa andalkan angkut logistik. Angkutan logistik PT KAI perlu pembenahan," tuturnya.

Baca juga : Belakangan Ini, Terlalu Banyak Kabar Berita Duka

Sejauh ini, kereta api lebih melayani penumpang ketimbang logistik barang. Sebab, PT KAI yang jumlah kereta apinya terbatas, lebih memilih mengangkut penumpang. Ini berbeda dengan negara-negara industri besar di luar negeri yang masih menggunakan kereta api sebagai angkutan logistik. Dengan penggunaan itu, ongkos logistik jadi rendah dan biaya produksinya lebih kompetitif. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.