Dark/Light Mode

Lawan Covid-19, Enggar Sebut Tenaga Medis Superhero Sejati

Selasa, 12 Mei 2020 23:57 WIB
Lawan Covid-19, Enggar Sebut Tenaga Medis Superhero Sejati

RM.id  Rakyat Merdeka - Eks Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyerukan kepada semua elemen bangsa membantu tenaga medis yang berjuang dan bertaruh nyawa di berbagai rumah sakit untuk mengobati pasien Covid-19.

“Para tenaga medis adalah superhero sesungguhnya saat ini,” kata Enggar, Selasa (12/5).

Dia pun menyatakan dukungannya dengan memberikan bantuan untuk para tenaga medis ke banyak daerah guna menangani Covid-19. Selasa (12/5), bantuan diberikan ke Kota Bandung.

“Kita harus dukung dan bantu mereka yang ada di garda depan 'perang' melawan pandemi ini, yakni tenaga-tenaga medis. Kita bukan hanya harus mengapresiasi mereka tapi juga mendukung sepenuhnya dengan apa yang kita bisa. Karena mereka superhero sesungguhnya saat ini," tegas Enggar.

Baca juga : Lawan Covid-19, Sandiaga Dan Rhoma Ajak Rakyat Siap Hadapi New Normal

Enggar menyitir berbagai kisah miris gugurnya tenaga medis karena terjangkit virus corona baru ini, di tengah upaya mereka menyembuhkan pasien. Mereka jelas memprioritaskan nyawa pasien ketimbang nyawa sendiri. Sudah sepatutnya mereka dilengkapi APD dan fasilitas lainnya untuk melindungi diri.

“Saya sedih betul. Memang, tidak ada satu negara pun yang siap dengan pandemi Covid-19. Negara adi daya pun goncang. Karenanya, tidak mungkin kita hanya menyandarkan semuanya kepada pemerintah. Kita harus bantu mereka," serunya.

Bantuan APD dan lainnya tersebut diserahkan oleh Iyok Supriatna, General Manager éL Hotel Royale Bandung, bersama tim yang mewakili Enggartiasto Lukita kepada Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dan Rumah Sakit Umum Bungsu Bandung. 

Serah terima bantuan ini disaksikan Sekretaris Dinkes Kota Bandung Anhar Hadian dan dr Herliani Sudardja, Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kota Bandung.

Baca juga : Terkait Covid-19, HNW Minta Komnas HAM Tak Tendensius Terhadap Umat Islam

Perwakilan dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dan Rumah Sakit Umum Bungsu Bandung serta seluruh tenaga medis yang berjuang di dalamnya mengucapkan terima kasih atas bantuan ini. 

“Bantuan ini sangat berguna dan dibutuhkan bagi tenaga medis yang berada di garda terdepan dalam mengatasi Covid-19," kata dr Herliani Sudardja.

Seperti diketahui, Enggar bersama para pengusaha Alek Sumadi Seng dan Then Herry Yulianto dari Yayasan Sahati memberangkatkan bantuan ke banyak daerah dan rumah sakit.

Bantuan meliputi 1,3 juta masker bedah, 300.000 masker KN-95, 40.000 pelindung wajah (face shield), 60.000 medical safety suit (alat pelindung diri/APD), dan sarung tangan medis 100.000 set. Selain itu, Enggar dan Yayasan Sahati juga menyiapkan 175 ribu unit alat rapid test dan 30 unit ventilator. 

Baca juga : Lima Pasien Covid-19 Tewas Dalam Kebakaran di RS St. Petersburg, Rusia

Sementara, éL Hotel Royale Bandung adalah hotel bintang empat yang dikelola oleh éL Hotel International dengan konsep “City & Business Hotel”. Hotel ini berdiri 3 Maret 2017 dan sebelumnya merupakan hotel legendaris yang bernama Grand Royal Panghegar yang telah berdiri sejak tahun 1922. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.