Dark/Light Mode

Dampak PSBB, Kendaraan Keluar Jakarta Turun 60% di H-5 Lebaran

Rabu, 20 Mei 2020 22:00 WIB
Lalu lintas kendaraan keluar Jakarta mengalami penurunan di H-5 Lebaran.
Lalu lintas kendaraan keluar Jakarta mengalami penurunan di H-5 Lebaran.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 214.014 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui jalan tol selama H-7 sampai H-5 Lebaran 2020. Jumlah ini turun 60 persen dibandingkan periode sebelumnya paska diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di masa pandemi.

"Angka ini turun 60 persen dari lalu lintas (Lalin) periode Lebaran 2019," ujar Corporate Communication dan Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/05).

Heru mengatakan untuk distribusi lalin adalah sebesar 39 persen ke arah timur, 36 persen ke barat dan 25 persen menuju selatan.

Baca juga : Di Tengah Pembatasan Sosial, Warga Singapura Tetap Heboh Siapkan Lebaran

Untuk lalin kendaraan yang meninggalkan Jakarta ke arah timur tercatat jumlah kendaraan yang keluar Jakarta melalui GT Cikampek Utama 1 sebanyak 46.584 kendaraan, atau turun sebesar 79 persen dari Lebaran 2019.

Sedangkan, lalin kendaraan yang meninggalkan Jakarta ke arah timur melalui GT Kalihurip Utama 1 tercatat sebanyak 36.387 kendaraan atau turun sebesar 60 persen dari Lebaran 2019.

"Lalin meninggalkan Jakarta dari arah timur merupakan kontribusi lalin dari dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Trans-Jawa dan GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi," kata Heru.

Baca juga : Karyawan BUMN Tetap Libur di Saat Lebaran

Total kendaraan yang melintas menuju arah timur adalah sebanyak 82.971 kendaraan, turun 74 persen dari Lebaran 2019.

Sedangkan, untuk jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta ke arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Merak-Tangerang adalah sebesar 77.360 kendaraan, turun 45 persen dari Lebaran 2019.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta ke arah selatan atau lokal melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi adalah sebesar 53.683 kendaraan, turun 33 persen dari Lebaran 2019. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.