Dark/Light Mode

Sinergi BUMN Pelindo III & Pertamina

Optimalisasi Aset Pelabuhan Untuk Layanan Logistik Energi

Senin, 18 Februari 2019 18:23 WIB
Dirut Pertamina Nicke Widyawati (baju merah, kiri) berjabat tangan dengan Dirut Pelindo III Doso Agung usai menandatangani kesepakatan kerja sama pendayagunaan aset pelabuhan untuk mengembangkan bisnis di sektor energi secara bersama-sama di Jakarta, Senin (18/2). (Foto: Humas Pelindo III)
Dirut Pertamina Nicke Widyawati (baju merah, kiri) berjabat tangan dengan Dirut Pelindo III Doso Agung usai menandatangani kesepakatan kerja sama pendayagunaan aset pelabuhan untuk mengembangkan bisnis di sektor energi secara bersama-sama di Jakarta, Senin (18/2). (Foto: Humas Pelindo III)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelindo III (Persero) dan PT Pertamina (Persero) memulai integrasi dan pendayagunaan aset pelabuhan, untuk mengembangkan bisnis di sektor energi secara bersama-sama.

Komitmen sinergi BUMN tersebut diresmikan dalam penandatanganan kerja sama antara Direktur Utama Pelindo III Doso Agung dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati di Jakarta, Senin (18/2).

“Sinergi antara Pelindo III dan Pertamina menjadi arah baru strategi BUMN, dalam menghadapi tantangan bisnis yang terus berubah. Sektor maritim dan energi memiliki banyak irisan layanan, yang bisa dikembangkan bersama," ujar Direktur Utama Pelindo III Doso Agung, dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/2).

Baca juga : Gubernur BI Lantik 18 Pejabat Baru Bank Indonesia

Doso menambahkan, utilisasi aset bersama diyakini akan membuat proses bisnis menjadi lebih efisien. Sehingga, BUMN bisa lebih fokus dalam meningkatkan layanan pada para pengguna jasa. Dijelaskan, Pelindo III yang mengelola lahan pelabuhan di 7 provinsi di Indonesia, sangat potensial untuk menjadi lokasi pembangunan infrastruktur energi. Sejumlah proyek awal akan dikembangkan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

“Di antaranya, pengembangan terminal LNG (liquified natural gas/gas alam cair) di Terminal Teluk Lamong dan terminal LPG (liquified petroleum gas/gas minyak bumi yang dicairkan) di Terminal Nilam. Dermaga Gospier akan direvitalisasi untuk melayani layanan logistik energi,” paparn Doso.

Di Bali, terminal LNG di Pelabuhan Benoa Bali yang dioperasikan Pelindo III, juga akan dimanfaatkan untuk melayani pasar Pertamina. Sisi utara Benoa, disiapkan untuk pengembangan fasilitas marine fuel oil (bahan bakar kapal).

Baca juga : CIMB Sukses Jaring 15 Ribu Pengunjung Di XTRA XPO

Di Kalimantan Selatan, lahan di Pelabuhan Banjarmasin akan menjadi lokasi penyimpanan LPG. "Sinergi BUMN ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Karena saling melengkapi kebutuhan berdasarkan keahlian (expertise) masing-masing. Pelindo III akan mengerjakan pemeliharaan jetty dan alur pelayaran di terminal BBM milik Pertamina.

Sedangkan Pertamina, akan menjadi supplier penyediaan pelumas di pelabuhan-pelabuhan Pelindo III.

"Pengguna jasa menjadi pihak yang paling diuntungkan dari kerja sama ini. Di sisi layanan kapal misalnya. Akan ada pengoperasian bersama kapal tunda Pelindo III dan Pertamina di Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap dan Tanjung Wangi Banyuwangi. Lalu lahan dan Dermaga IV di Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap, dimanfaatkan untuk peningkatan produksi avtur untuk industri aviasi nasional,” terang Doso.

Baca juga : Batik Podhek Diharap Bisa Penuhi Permintaan Pasar

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan, kerja sama antara Pertamina Group dengan Pelindo I, II, III, dan IV, bertujuan membangun kekuatan bisnis yang lebih kokoh dan efisien, dalam rangka menghadapi persaingan usaha yang semakin kompetitif. Sinergi ini akan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki oleh masing–masing BUMN untuk mencapai pola usaha yang efektif.

“Pelabuhan merupakan pintu gerbang bisnis dunia, yang akan menggerakkan perekonomian nasional. Karena itu, Pertamina harus memastikan ketersediaan dan ketahanan energi di setiap pelabuhan di seluruh Indonesia," tutur Nicke, usai menandatangani kesepakatan tersebut.

Ia menegaskan,  kerja sama ini akan membuat distribusi energi di seluruh pelabuhan menjadi semakin efektif dan efisien. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.