Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Masuki Semester-II 2020, WIKA Optimistis Jalankan Aktivitas Operasi

Rabu, 15 Juli 2020 22:54 WIB
Gedung WIKA (Foto: Istimewa)
Gedung WIKA (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. [WIKA] menyadari sepenuhnya bahwa pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi proses bisnis perseroan. WIKA memandang perlu untuk melakukan review terhadap target-target yang semula telah dicanangkan pada awal tahun.

Beberapa kondisi makro, seperti likuiditas keuangan yang ketat, peninjauan ulang terhadap anggaran pembangunan infrastruktur, dan terbatasnya arus mobilisasi sumber daya adalah sebagian dari  beberapa faktor yang berpengaruh para pelaku bisnis di Tanah Air. Termasuk WIKA.

Sejalan dengan digulirkannya fase adaptasi kebiasaan baru, WIKA memiliki optimisme baru untuk mengembalikan ritme bisnisnya di tengah berbagai tantangan yang terjadi. Termasuk adanya penilaian dari sebagian pihak tentang peningkatan risiko terhadap bisnis Perseroan.

Selain itu, beberapa analis terkemuka, seperti: DBS Securities, RHB Research, dan Samuel Sekuritas Indonesia masih merekomendasikan buy untuk saham WIKA dengan upside rata-rata 25 persen. Hal ini menunjukkan bahwa WIKA masih memiliki kapasitas untuk tetap tumbuh ke depan.

Baca juga : Pocari Sweat Run Virtual 2020, Kompetisi Lari Di Adaptasi Baru

Rasio kemampuan arus kas WIKA untuk memenuhi kewajiban utang jangka pendek atau Debt Service Coverage Ratio (DSCR) pada kuartal I-2020 yang berhasil ditorehkan berada pada angka 2,18x (dari minimal level covenant 1x). Hal itu menunjukkan bahwa EBITDA Perseroan cukup untuk membayar utang berbunga yang jatuh tempo di tahun yang sama.

Pada kuartal-I 2020, analisis tingkat utang Perseroan dari tinjauan Interest Coverage Ratio (ICR) berada pada besaran 3,18x (dari minimal level covenant 2x). Dengan demikian, proyeksi atas kemampuan WIKA untuk membayar utang berada pada ambang optimis bukan sebaliknya, menjadi kekhawatiran.

Demikian halnya pada parameter kondisi gearing ratio. WIKA pada kuartal-I 2020 berada pada posisi 1,04x (dari maksimal level covenant 2,5x). “WIKA akan menjaga rasio utang tetap sehat di bawah level covenant.” terang Sekretaris Perusahaan WIKA Mahendra Vijaya dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (15/7).      

Prudent dan Konsisten

Baca juga : Bulog Sukses Serap 700 Ton Beras Petani

Dalam kondisi pandemi yang saat ini masih berlangsung, WIKA tetap akan mengedepankan asas prudential dan konsisten menjalankan aktivitas operasinya. Komitmen ini menjadi penting sebagai bagian dari membangun optimisme ke depan.

Ada beberapa hal yang menjadi dasar keyakinan itu, antara lain beberapa poin berikut. Pertama, masih tingginya kepercayaan pemerintah terhadap WIKA yang ditunjukkan dengan adanya beberapa proyek strategis yang ditawarkan. Terbukti dengan keikutsertaan Perseroan pada beberapa tender proyek pemerintah dengan total nilai mencapai Rp 15 triliun.

Kedua, masih positifnya dukungan dari institusi-institusi keuangan nasional dan internasional bagi WIKA. Medio Juni lalu, Perseroan telah menandatangani kesepakatan kredit modal kerja dengan PT Bank Chinatrust Indonesia (CTBC Indonesia) dengan nilai Rp 300 miliar.

Penandatanganan dilakukan Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito dan Direktur Keuangan Ade Wahyu bersama Iwan Satawidinata selaku CEO CTBC Indonesia. Kesepakatan dengan perbankan dari Taipei tersebut menunjukkan bahwa masih tingginya kepercayaan perbankan terhadap kinerja sektor konstruksi di tengah pandemi.

Baca juga : Komitmen Dukung Pilkada Serentak 2020, KPK Petakan Titik-titik Rawan Korupsi

"Ini sekaligus mendukung upaya kami untuk mengembalikan ritme pembangunan proyek infrastruktur sejalan dengan pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru. Dengan demikian infrastruktur yang dibangun bisa segera memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas," ungkap Mahendra Vijaya.

Ketiga, yang memperbesar keyakinan Perseroan pada masa pandemi ini adalah kapasitas kontrak dihadapi WIKA yang nilainya relatif besar. Hingga Mei 2020, WIKA memiliki order book sebesar Rp 80,71 triliun yang masih bisa diproduksi hingga 2022.

“WIKA memiliki rekam jejak yang kompetitif-efektif dalam menyelesaikan proyek-proyek strategis berskala mega. Kuncinya adalah mempercepat penerimaan arus kas operasi yang lebih baik sehingga menjaga likuiditas Perseroan,” pungkas Mahendra. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.